Seniman Muda Surakarta Pentaskan  Bantheng Mataram

JO, Solo – Ketoprak Seniman Muda Surakarta (KSMS), Sabtu, 6 Juni 2015, bertempat di Gedung Kesenian Taman Balekambang, pukul 20.30 WIB, kembali akan pentas mengangkat lakon “ Bantheng Mataram “. Menurut Koordinator KSMS, Tatak Prihantara, pentas akan didukung pemaian senior dan yunior, dan dimeriahkan tim pelawak, Bogang dan Jolewo Cs. Pentas akan disutradarai Eko Sutarno.

Eko Sutarno, mengungkapkan lakon Bantheng Mataram, sarat penuh ajaran moral dan nasionalisme. Mengkisahkan Buntara seorang pencuri yang ditakuti masayarakat, yang kemudian sadar dan bertobat setelah ketemu Jaka Umbaran senopati dari Mataram. Jaka Umbaran meminta keahlian Buntoro digunakan hal yang positif mendharmabhatikan tenaga pada negara. Mengambil kembali tumbak Kai Pleret  yang dicuri Adipati Ronggojumpeno dari Pasuruan. Buntara bersama istrinya Ken Warsi akhirnya bahu membahu menggembalikan tombak Kyai Pleret ke Mataram.

“ Kisah ini mengajarkan kita untuk tidak memvonis seseorang hanya melihat dari fisik dan masa lalunya. Orang yang berkharakter jelek seperti  Buntara, ternyata bisa menjadi berubah menjadi pahlawan bagi kerajaan Mataram. Maju pada gardha paling depan membela negara,seperti bantheng ketaton  “ ungkap Eko Sutarno. – ian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *