Awas, Parcel bisa Disisipi Barang Kadaluarsa

JO, Sukoharjo  – Tingginya permintaan barang khususnya makanan menjelang hari raya ini membuat konsumen terkadang melalaikan cek tanggal kadaluarsa maupun kandungan gizi yang ada dalam makanan tersebut. Pemkab Sukoharjo melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (disperindag) terus melakukan kampanye dan sosialisasi secara berkala agar masyarakat selalu waspada dalam mengkonsumsi makanan.

cek parcel lebaran
“Yang patut diwaspadai adalah kemasan dan warna makanan yang menarik, dengan warna cerah ataupun tampilan menarik kadang membuat konsumen lupa melakukan pengecekan dengan teliti. Apalagi menjelang lebaran ini tingkat komsumtif masyarakat tinggi,” ungkap Bambang Setyono, Kabid Perdagangan Disperindag Sukoharjo, disela kegiatan cek di Swalayan Goro Kartasura, Kamis (2/7/2015).

Apalagi dalam parcel makanan harus ekstra diwaspadai tanggal kadaluarsanya, karena konsumen biasanya membeli dalam jumlah yang banyak dan tidak bisa mengecek satu persatu.

“Untuk pedagang ritel dan besar seperti swalayan dan took modern kami terus melakukan pengawasan dan himbauan agar selalu mengecek barang-barang, jangan sampai mereka menjual yang kadaluarsa,” tandas Bambang.

Dalam sidak kemarin, tim yang terdiri dari Disperindag, Dinas Kesehatan, bagian Hukum, bagian Perekonomian dan TNI Polri, menemukan sejumlah kaleng susu penyok yang masih dipajang di rak. Juga makanan curah yang tidak ada tanggal kadaluarsanya. Selain itu juga mengambil sample sejumlah kerupuk dengan warna yang mencolok untuk di uji lab, dipastikan bahwa makanan tersebut tidak mengandung zat berbahaya. – jia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *