Hanya 4 PT Di Solo Terakreditasi

Rektor Unisri Kapti Rahayu tengah memberi pejelasan tentang akreditasi B yang diperoleh perguruan tinggi tersebut, dikampusnya. Senin (6/7/2015).

JO, Solo – Baru empat perguruan tinggi (PT) di Soloraya yang sudah terakreditasi secara institusi dari puluhan PT yang ada. Yakni, Universitas Sebelas Maret (UNS) terakreditasi A serta Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Muhammadyah Surakarta (UMS), dan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) yang ketiganya terakreditasi B. Di seluruh Indonesia, baru 451 institusi yang terakreditasi dari 3.317 PT, negeri dan swasta. Sebanyak 4,87 persen atau 22 PT terakreditasi A, dan 33,7 persen atau 152 terakreditasi B, selebihnya terakreditasi C.

“Akreditasi itu sangat penting bagi perguruan perguruan tinggi. Kalau belum terakreditasi, lulusannya bisa dibilang tidak sah dan akan kesulitan mencari pekerjaan,” kata Rektor Unisri Kapti Rahayu didampingi tiga wakilnya ketika memberi penjelasan pada wartawan di kampus setempat, Senin (6/7/2015).

Selain memenuhi persyaratan administrasi dan meningkatkan kepercayaan masyarakat, kata dia, banyak keuntungan yang didapat bagi PT yang sudah terakreditasi. Yakni, perguruan tinggi diperbolehkan mengadakan kegiatan bimbingan untuk semua program studi di kampusnya. “Akreditasi akan meningkatkan kesejahteraan,” kata dia yang juga asesoris akreditasi.

Lebih lanjut Kapti mengatakan, bagi PT yang mengajukan akreditasi institusi harus mempunyai AD/ART atau statuta rektor. Dokumen lain yang disiapkan perlu disiapkan reancana strategi PT, dan sistem penjamin mutu. “Syarat lain, 75 persen program studinya juga harus sudah terakreditasi,” jelasnya – wid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *