Alfamart Alfamidi dan Unicef Bantu PAUD

Istri Gubernur Jawa Timur Bude Karwo menyapa anak-anak PAUD Sekar Hapsari yang merupakan PAUD binaan Alfamart – Unicef, berlokasi di Jalan Kedung Sroko I/17 Surabaya, dalam kesempatan tersebut Alfamart juga menyalurkan Rp 2,13 M hasil donasi konsumen untuk Pengembangan 21 PAUD di 6 Provinsi bekerja sama dengan Unicef, Kamis (7/5/2015).

JO – Alfamart Alfamidi bekerja sama dengan Unicef menyalurkan donasi konsumen sebesar Rp 2,13 miliar untuk pengembangan 21 sekolah PAUD Holistik Integratif yang tersebar di sejumlah daerah di Indonesia.

Penyerahan secara simbolis dilakukan di PAUD Sekar Hapsari disaksikan Bude Karwo selalu Ketua Bunda PAUD Provinsi Jatim. PAUD Sekar Hapsari merupakan PAUD binaan Alfamart – Unicef yang berlokasi di Jalan Kedung Sroko I/17 Surabaya.

Spesialis Pendidikan Unicef Indonesia, Widodo Suhartoyo mengatakan, donasi konsumen tersebut untuk mengembangkan PAUD yang tersebar di wilayah Jatim, Jateng, NTT, NTB, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Barat.

“Tahun lalu, Unicef juga memfasilitasi penyaluran donasi konsumen Alfamart Alfamidi. Kegiatannya berupa pencegahan dan penanggulangan malaria. Tahun ini untuk pengembangan PAUD,” katanya, di sela acara, Kamis (7/5/2015).

Pengembangan PAUD ini dipilih karena pada usia dini (0-6 tahun) dikenal sebagai periode emas (golden age), yakni merupakan masa yang paling pesat bagi kecerdasan otak untuk mengembangkan berbagai kecerdasan yang diperlukan pada masa dewasa.

”Pada masa golden age ini, dimana otak anak mengalami perkembangan sekitar 50-60 persen. Jadi dibutuhkan layanan lengkap dan berkesinambungan untuk menunjang pertumbuhannya secara holistik,” jelasnya.

Faktor-faktor menunjang pertumbuhan anak usia dini terdiri dari layanan stimulasi dini, kesehatan seperti imunisasi, air bersih, monitoring tumbuh kembang anak, layanan pemenuhan nutrisi seimbang, perlindungan anak, dan pola pengasuhan yang positif. Seluruh layanan tersebut berperan dalam pembentukan pondasi kehidupan anak sehingga perkembangan anak akan optimal di masa depannya.

Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman mengatakan, donasi konsumen Alfamart senilai Rp 2,13 miliar tersebut dihimpun selama periode 16 April – 31 Mei 2014. “Setiap program donasi konsumen ini menggandeng yayasan yang berbeda-beda. Untuk periode tersebut kerjasamanya dengan Unicef,” imbuhnya.

Bersama Unicef, Alfamart Alfamidi ingin berbagi semangat dalam meningkatkan pendidikan melalui program PAUD Holistik dan Integratif yang tak hanya memberikan layanan lengkap dan berkesinambungan di bidang pendidikan, namun juga membentuk komunitas yang peduli pada pendidikan anak.

“Kami percaya masa kanak-kanak merupakan tahap terpenting dalam hidup, masa ini merupakan awal pembentukan cara berpikir dan awal seseorang membangun kepercayaan diri,” jelasnya.

Kerja sama yang terjalin dengan Unicef diharapkan dapat terus berjalan dan mampu memberikan manfaat yang lebih besar bagi dunia pendidikan Indonesia. Ini mengingat, sektor pendidikan merupakan salah satu kunci dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pengembangan PAUD ini bentuknya mulai pelatihan dan pemberian modul pendidikan bagi penyelenggara yang terdiri dari tenaga pengajar dan kader, pemberian stimulasi berdasarkan usia, pelatihan pengasuhan anak usia dini, pelatihan pemberian layanan kesehatan dan nutrisi di Posyandu dan pengembangan usaha kecil untuk membantu meningkatkan ekonomi orangtua yang memiliki anak usia dini.

Di samping itu berupa sumbangan Alat Permainan Edukatif (APE) yang sesuai dengan kebutuhan anak serta penyuluhan bagi orang tua agar memberikan stimulasi dini bagi anak di rumah.- san

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *