Alfamart Bukukan Kinerja Positif Sepanjang Tahun 2014

RUPST – Jajaran Direksi PT SAT Tbk, (ki-ka) Theignatius Agus Salim, Soeng Peter Suryadi, Tomin Widian, Anggara Hans Prawira, Bambang Setiawan Djojo, Solihin, Harryanto Susanto berfoto bersama usai melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan, Rabu (27/05/2015).

JO – PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Perseroan) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan, Rabu (27/05/2015). Agenda utama RUPS Tahunan kali ini meliputi persetujuan Laporan Tahunan dan pengesahan Laporan Keuangan Tahunan Perseroan Tahun Buku 2014, penetapan Penggunaan Laba Bersih Tahun Buku 2014, pemberian kewenangan kepada Dewan Komisaris untuk menunjuk Akuntan Publik dan menetapkan honorarium serta persyaratan lain penunjukannya, serta penetapan honorarium anggota Dewan Komisaris tahun buku 2014.

Pada tahun 2014, kondisi perekonomian global menunjukkan pertumbuhan yang melambat sebagai dampak pemulihan perekonomian yang tidak merata. Di negara berkembang, perlambatan ekonomi terjadi seiring dengan penurunan harga minyak dan harga komoditas yang signifikan. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pun mengalami tekanan dengan hanya mencatatkan pertumbuhan 5.02 persenturun 0.56 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 5.58 persen.

Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Anggara Hans Prawira mengungkapkan, meskipun Perseroan dan Entitas Anak menghadapi tantangan berat sepanjang tahun 2014, namun jajaran manajemen dan seluruh karyawan dengan kegigihan dan kerja kerasnya, dapat melaluinya dengan baik dan menghasilkan pencapaian positif, terbukti pendapatan neto konsolidasian Perseroan dan Entitas Anak pada tahun 2014 mencapai Rp 41.77 triliun, meningkat sebesar 19.70 persen dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp 34.90 triliun.

“Pencapaian tersebut didukung oleh pertumbuhan gerai Perseroan dan Entitas Anak sebanyak 1.456 gerai atau tumbuh sebesar 15.65 persen menjadi 10.758 gerai, yang terdiri dari 9.861 gerai Perseroan dan 897 gerai Entitas Anak. Sampai akhir tahun 2014, jumlah gerai waralaba Perseroan dan Entitas Anak mencapai 2.941 gerai,” jelasnya.

Sepanjang tahun 2014, Perseroan telah menambah 7 gudang (6 gudang baru dan 1 gudang relokasi) sebagai pendukung utama jaringan gerai yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebanyak 81.75 persen gerai Perseroan dan Entitas Anak tersebar di Jawa dan Bali dan 18.25 persen berada di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Lombok. “Penetrasi gerai di luar Jawa dan Bali masih menjadi prioritas Perseroan dan Entitas Anak ke depan, mengingat potensi bisnis ritel yang masih terbuka luas disana,” ujar Hans.

Dari sisi tanggung jawab sosial perusahaan, dengan mengusung tema “Alfamart for All, Satu Hati Berbagi untuk Indonesia” melalui salah satu pilarnya, Alfamart SMEs (pemberdayaan UMKM), sampai tahun 2014 Perseroan telah berhasil membina puluhan ribu pedagang berbasis UMKM melalui Pelatihan Manajemen Ritel Modern yang digelar di berbagai daerah di Indonesia, serta merenovasi tampilan fisik 204 warung tradisional melalui program bedah warung.

Pada tahun 2014, Perseroan juga diganjar berbagai penghargaan, salah satunya terpilih sebagai perusahaan dengan program Public Relations Terbaik versi Serikat Perusahaan Pers (SPS), melalui program Alfamart Class. Penghargaan diserahkan dalam ajang tahunan bertajuk “The 3rd Indonesia Public Relations and Summit 2014 (IPRAS)” yang digelar di Yogyakarta pada 16 – 17 Oktober 2014.

Program Alfamart Class, memberikan pendidikan Manajemen Ritel bagi siswa SMK sehingga lulusannya dapat langsung bekerja di Alfamart. Hingga akhir 2014, program ini telah dijalankan di 26 SMK di 11 kota yang tersebar di Bandung, Jakarta, Banjarmasin, Makassar, Manado, Medan, Cilegon, Semarang, Madiun, Malang, dan Bali.

Selain itu, Perseroan juga secara tanggap dan aktif berusaha ikut terlibat dalam setiap usaha pemberian bantuan penanggulangan bencana alam, memberikan bantuan ke yayasan-yayasan sosial, membantu Palang Merah Indonesia melalui Aksi Donor Darah dengan melibatkan karyawan dan pelanggan.

Menjalankan tanggung jawab sosial merupakan salah satu kewajiban yang harus dijalankan oleh perusahaan, sekaligus sebagai peluang untuk meningkatkan citra positif perusahaan. “Perseroan dan Entitas Anak berharap dapat menjawab seluruh peluang dan tantangan di masa yang akan datang, mengembangkan seluruh potensi usaha agar dapat meningkatkan kinerja Perseroan dan Entitas Anak,” ungkap Hans.

Presiden Komisaris PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Feny Djoko Susanto menandaskan Perseroan dan Entitas Anak senantiasa memperbaiki proses bisnis agar semakin efektif dan efisien serta memperbaiki dan mengembangkan strategi layanan kepada pelanggan.

“Untuk meningkatkan kemajuan perusahaan yang berkesinambungan, seluruh jajaran manajemen berkomitmen menjaga tata kelola perusahaan dengan baik (GCG). Selain itu, sebagai Toko Komunitas, Perseroan dan Entitas Anak akan senantiasa berperan dan terlibat aktif dalam usaha memajukan kesejahteraan masyarakat,” ujar Feny.

Selama tahun 2014, juga dilakukan beberapa perubahan komposisi Direksi maupun Dewan Komisaris. – san

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *