Anoman Obong di Taman Balekambang

JO, Solo – Sendratari Ramayana “Anoman Obong” digelar Jum’at, (24/7/2015) pukul 19.00 WIB  di Open Stage Taman Balekambang. Sendratari Ramayana adalah salah satu pertunjukan mahakarya seni yang menggabungkan seni drama dan tari. Pertunjukan yang berlangsung selama dua jam ini berkisah tentang legenda Ramayana. Kisahnya diawali dengan Rama yang berhasil memenangkan sayembara dan mempersunting Dewi Shinta.

Anoman obong9Saat Rama, Shinta, dan Lesmana (adik Rama) berada di Hutan Dandaka, mereka bertemu dengan Rahwana, Raja Alengka. Rahwana terpesona dengan kecantikan Dewi Shinta dan ingin mengambilnya menjadi istrinya. Rahwana lalu bersiasat supaya dapat menculik Shinta. Dengan bantuan raksasa Marica, Marica lalu mengubah diri menjadi kidang (kijang) emas untuk menarik perhatian Shinta.

Siasat itu berhasil. Shinta lalu meminta Rama untuk menangkapkan kijang emas itu untuknya. Rama pun mengejar kijang emas itu sampai jauh. Saat Rama tak kunjung kembali, Lesmana lalu mencari Rama. Lesmana meminta Shinta untuk tidak keluar dari lingkaran sakti yang ia buat.

Namun Rahwana lalu menyamar sebagai kakek tua sehingga Shinta jatuh kasihan dan akhirnya Rahwana berhasil menculik Shinta dan membawanya ke Alengka. Kisah selanjutnya lalu bercerita tentang perjuangan Rama untuk merebut kembali Shinta. Rama dibantu oleh Anoman kera putih yang sakti, Raja Kera Sugriwa dan pasukan kera.

Anoman obong6Secara keseluruhan, jalan cerita kisah Ramayana ini dirangkum dalam empat lakon/babak, yaitu: penculikan Shinta, misi Anoman ke Alengka, kematian Kumbakarna dan Rahwana, dan pertemuan kembali Rama dan Shinta.

Sendratari ini memiliki narasi jalan cerita yang ditembangkan oleh pesinden dalam bahasa Jawa. Saat tidak ada bahasa verbal yang dilontarkan, ini saatnya kita untuk belajar memahami apa yang tak tersampaikan oleh kata-kata.

Lewat gerakan tari yang luwes dalam balutan kostum warna-warni yang cerah, ekspresi wajah para penari, tata lampu yang apik dan alunan musik yang terus mengiringi, kita diajak untuk mengikuti jalan ceritanya. Penonton juga dijamin akan terkagum saat menyaksikan atraksi api dalam lakon Anoman Obong. – yan

2 komentar pada “Anoman Obong di Taman Balekambang

  • Jum, 24 Jul 2015 | 23:32 pada 11:32 PM
    Permalink

    Solo kota seni budaya joooossss

    Balas
  • Jum, 24 Jul 2015 | 23:36 pada 11:36 PM
    Permalink

    Solo pancen ngangeni….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *