Mudik dengan Sepur Kluthuk

JO, Solo – Mudik dengan kereta ekonomi maupun pesawat sudah hal yang biasa. Bagaimana jika dengan kereta uap atau sepur kluthuk, kereta langka yang hanya beroperasi di dua negara. Untuk Sepur Kluthuk Jaladara melintas di jalan protokol Kota Solo dengan peluitnya yang khas.

‘’Sepur Kluthuk ini merupakan satu-satunya kereta uap antik yang masih beroperasi di Indonesia. Kereta uap kuno yang bertenaga kayu jati ini dengan lokomotif buatan Maschinenbau Chemitz Jerman pada tahun 1896 dengan gerbong kayu buatan 1906 seri TR 144 dan TR 16,’’ kata Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Yosca Herman Soedrajad.

Mudik asik dengan kereta klasik akan menghantarkan pemudik atau wisatawan berwisata sekaligus berkeliling dengan melintasi rel tanpa palang pintu di jantung Kota Solo. Di sepanjang perjalanan, para pemudik atau wisatawan bisa melihat berbagai aktivitas masyarakat Solo.

Tidak hanya itu, untuk perjalanan pulang dan pergi dengan rute Stasiun Purwosari sampai Stasiun Kota Sangkrah yang berjarak kurang lebih 5,6 kilometer. Penumpang juga diajak mampir ke Loji Gandrung yang merupakan rumah dinas wali kota Jokowi sebelum jadi presiden, Museum PON pertama, Museum Radya Pustaka, Bon Rojo Sriwedari, Museum Batik Dunia, dan tempat wisata lainnya.

‘’Uniknya, kereta pada umumnya hanya berhenti distasiun, tetapi dengan kereta uap Jaladara ini akan berhenti disetiap tempat wisata yang direncakan sendiri. Dengan wisata ini para pemudik akan merasakan sensasi trem di tengah kota ala Eropa,’’ kata Ketua Asita Surakarta Daryono.

Nah, bagi masyarakat yang tertarik jalan-jalan dengan Sepur Kluthuk Jaladara, harga tiket relative terjangkau hanya Rp 200.000, 00 per orang, tapi khusus untuk rombongan dan keluarga ada discount menarik. Lantaran pemberangkatannya hanya empat kali selama libur Lebaran, yakni Jumat hingga Senin (17-20 Juli) pukul 10.30 WIB dan 14.30 WIB, maka peminat harus mendaftar dulu ke kantor Dishubkominfo, biro perjalanan wisata, atau ke sinergi travel.

‘’Perjalanan Sepur Kluthuk Jaladara juga menyediakan fasilitas paket layanan, meliputi welcome drink berupa minuman jamu tradisional dan jajanan pasar, souvenir berupa, sampir atau slayer, piagam penghargaan dan local guide,’’ katanya. – yus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *