Pamer Produk Lokal Berdaya Saing Global

JO, Solo – Pameran Pangan Nusa (PPN) dan Produk Dalam Negeri tingkat Regional (PPDNR) 2015 di Solo ini sedikitnya diikuti sekitar 36 usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), mereka mengisi 65 stan Pameran Pangan Nusa (PPN) yang terdiri dari 28 stan untuk 12 propinsi dan 37 stan untuk tuan rumah Kota Surakarta dan Propinsi Jawa Tengah.

Roti Ganeps salah satu produk bakery tradisi Solo
Roti Ganeps salah satu produk bakery tradisi Solo

Sedangkan 69 stan Produk Dalam Negeri tingkat Regional (PPDNR) terdiri dari 31 stan untuk 12 propinsi dan 38 stan untuk Kota Surakarta dan Propinsi Jawa Tengah. Kedua belas propinsi yang ikut berpartisipasi selain Kota Surakarta dan Propinsi Jawa Tengah yaitu, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi barat, Sulawesi Selatan, Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Utara.

Pameran PPN dan PPDNR 2015 yang diselenggarakan di Benteng Vastenberg Solo, 7-10 Agustus 2015. Menurut Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, pameran ini merupakan bentuk dukungan pembinaan dan pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Sementara, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Srie Agustina menjelaskan, pada pameran kali ini ada kegiatan pendukung, yakni diselenggarakannya Lomba Masak Makanan Minuman Khas Daerah.

“Lomba ini bertujuan untuk mengembangkan potensi daerah, khususnya keanekaragaman cita rasa nusantara untuk dapat mendorong pengembangan produk kuliner nusantara,” jelas Srie Agustina, dalam sambutannya. Jumat (6/8).

Lomba diikuti perwakilan dari daerah peserta pameran dengan total peserta 10 tim yang berasal dari propinsi Jambi, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi barat, Jawa Tengah dan Kalimantan Utara.

Ditambahkan Dirjen PDN, setelah dilaksanakan di Gorontalo (31 Mei-3 Juni 2015) dan Surakarta (7-10 Agustus 2015), agenda PPN dan PPDNR 2015 akan berlanjut ke Bukittinggi (12-15 September 2015) dan puncaknya dilangsungkan diLapangan Monas, Jakarta (8-11 Oktober2015). – ian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *