KPU Sosialisasi Pilkada Minimalkan Golput

JO, Sukoharjo –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo semakin gencar melakukan sosialisasi. Selain upaya menjaring pada pemilih pemula, KPU juga memberdayakan PPK di 12 kecamatan untuk ikut gencar mensosialisasikan hajatan Pilkada Serentak Desember mendatang.

“Indikasinya kalau calonnya banyak, masing-masing calon akan bergerak mencari suara dan dukungan jadi tingkat partisipasi masyarakat bisa tinggi. Tapi kalau hanya dua cukup berat. Solusinya, kita gencar dengan program untuk sosialisasi pemilih pemula dan memberdayakan PPK untuk bergerak ke desa-desa,” ungkap Komisoner KPU Sukoharjo, Yulianto Sudrajat, Jumat (7/8).

Para pelajar dan mahasiswa akan diberikan materi sosialisasi tahapan pilkada dan tata cara pengunaan hak pilih saat pemungutan suara yang dijadwalkan 9 Desember 2015. Sehingga, target 70% pengunaan hak pilih dalam pilkada bisa terealisasi.

Saat ini KPU tengah menjadwalkan sosialisasi di sejumlah sekolah dan Perguruan Tinggi. Sedangkan di tingkat PPK juga sudah bergerak menyasar tokoh masyarakat, tokoh agama maupun tokoh pemuda.

Seperti yang dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Bulu, menggelar Sosialisasi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukoharjo tahun 2015 di Aula Kecamatan Bulu.

“Kegiatan sosialisasi merupakan salah satu tugas PPK selaku penyelenggara pemilu sekaligus tangan panjang KPU di tingkat kecamatan. Kali ini kami mengundang tokoh masyarakat, diharapkan dapat menyalurkan energi positif untuk turut mensukseskan pesta demokrasi yang bakal di gelar 9 Desember 2015 mendatang kepada masyarakat. Termsuk materi utama kami adalah jangan sampai masyarakat tidak dating ke TPS alias Golput,” kata Ketua PPK Bulu Istanto. – jia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *