KKN Unisri Gelar Motivasi Kewirausahaan

JO, Solo – Tim Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Rabu (12/8) bertempat di Balai Desa Banaran , kecamatan Kalijambe, Sragen, menggelar pelatihan motivasi kewirausahaan dan pembuatan kue donat.

Menurut Koordinator Panitia Pelatihan, Melaty, kegiatan diikuti pengurus dan anggota PKK desa Banaran, sejumlah 50 orang. Tujuan pelatihan untuk menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan dikalangan ibu-ibu. Agar para ibu, selain sebagai ibu rumah tangga juga punya usaha sambilan yang dapat mendukung ekonomi keluarga.

Sebelum pelatihan pembuatan roti donat diawali, penyampaian motivasi kewirausahaan, disampaikan dosen Program Studi Akuntansi dan Magister Manajemen Unisri, Drs. Suharno, MM, Akuntan mengangkat tema “ Peran Ibu Dalam Menumbuhkembangankan Kewirausahaan “. Suharno, yang juga menjabat sebagai Direktur Amalia Consulting, mengajak para ibu agar memiliki usaha sampingan, sehingga bisa hidup mendiri secara finansial, di samping, para ibu dihimbau agar sejak dini selalu menanamkan semangat kemandirian kepada anak-anaknya.

“Menjadi wirausaha tidak harus menggunakan modal besar, bisa dimulai dari usaha skala kecil. Misalnya jual kue donat atau gorengan yang kepada para tetangga disekitarnya. Banyak peluang usaha yang dapat kita tekuni, ada sejuta peluang usaha disekitar kita. Hanya kit sering kali tidak sabar, maunya serba instant. Usaha yang instant, tidak bisa bertahan lama, hanya sesaat dan sering menyesatkan. Masih ingat saat orang berlomba berburu gelombang cinta, jemani, gingseng. Usaha tersebut jelas tidak rasional, maka akhirnya banyak yang gulung tikar “ ungkapnya.

Lebih lanjut, Suharno, menandaskan, “ Modal utama menjadi wirausaha ada tiga, kerja keras, kerja cerdas dan kerja waras. Modal uang bukan segala-galanya, tetapi yang penting DUIT, yaitu Doa, Usaha, Ikhtiar dan Tawakal “

Para peserta pelatihan mampu bertahan sampai sore hari, karena pelatihan dibawakan secara atraktif, fun dan antusias, menggunakan multi media yang sangat menarik. – ina

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *