Pertalite Tersedia Di SPBU Soloraya

JO, Solo – Pertamina melakukan uji pasar penjualan pertalite di SPBU 4157501 Solobaru Sukoharjo dan SPBU Lempuyangan Yogyakarta, Sabtu dan Minggu (22 dan 23 Agustus).

External Relations PT Pertamina Jateng dan DIY Robert Marchelino Verieza Dumatubun mengatakan, dengan adanya penambahan itu maka jumlah SPBU yang menjual pertalite di Jateng-DIY ada 38 stasiun. Diharapkan hingga September mendatang sudah 59 SPBU yang menjual bahan bakar minyak tersebut

“Kedua SPBU di Solobaru dan Lempuyangan itu ditunjuk sebagai tempat uji pasar pertalite karena dinilai paling siap infrastrukturnya,” kata dia, disela acara ujicoba. Sabtu (22/8/2015)

Sementara itu Hiswana Migas Surakarta mendukung penuh langkah Pertamina dalam penyediaan bahan bakar minyak (BBM) tersebut. Sebab pertalite akan memberi alternatif lain bagi pemilik kendaraan bermotor dalam membeli BBM. Ketua Hiswana Migas Surakarta Suwardi mengatakan, sudah ada 17 SPBU di Soloraya yang siap berjualan pertalite, mulai bulan depan.

Jumlah itu diperkirakan akan bertambah, sesuai kemampuan masing-masing SPBU. “Infrastruktur pendukung untuk penyedian pertalite di SPBU itu tidak murah, jadi tidak semua SPBU sip amenjual,” kata Suwardi.

Lebih lanjut Robert mengatakan, kehadiran pertalite bukan untuk mengalihkan konsumsi pertamax ke bahan bakar tersebut. Tapi justru untuk mengalihkan konsumsi premium ke bahan bakar itu untuk jenis kendaraan tertentu, apalagi selisih harga tidak banyak.

Dengan kehadiran pertalite itu pihaknya juga mengimbau pemilik kendaraan yang sering mengoplos premium dan pertamax untuk menghentikan aktifitasnya. Menurut dia, mengoplos itu rugi sebab premium dan pertamax itu materilnya beda. Pertamax sudah ada additif yg khusus utk engine, sehingga kalau dioplos malah membuat aditif rusak atau tidak maksimal.

Pertamax itu ron 92 dan premium itu ron 88, jadi kalau dioplos paling mentok ron 90. Maka dari pada ngoplos, Pertamina memproduksi pertalite dengan ron 90 dan aditif ecosave. – ian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *