Mahasiswa USB Study Visit Ke Singapore

350 Mahasiswa kunjungi  Nanyang Technology University Singapore

JO, Solo – Guna  meningkatkan kompetensi lulusannya Universitas Setia Budi (USB) dan agar bisa bersaing di pasar global, USB  merintis Goes to Internasional. Salah satunya adalah USB Goes to Singapore. Langkah ini telah dimulai dengan mengirim para dosen ke Negara Malaysia dan Singapore pada tahun 2011 dan 2012.

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan wawasan internasional dan membangun kerjasama dengan institusi pendidikan di luar negeri. Tidak hanya dosen, karyawan sebagai pendukung tenaga pendidik juga sudah menjalani study banding ke Singapore, untuk meningkatkan wawasan Internasional sebelum mahasiswa diberangkatkan untuk mengikuti Overseas Stadium Generale ke Singapore.

USB mengirimkan sebanyak 350 mahasiswa program regular Strata satu angkatan 2013/2014, Selasa (29/9) yang terdiri dari 263 mahasiswa S1 Farmasi, 12 mahasiswa Teknik Kimia, 11 mahasiswa S1 Teknik Industri, 14 mahasiswa S1 Psikologi, 29 mahasiswa S1 Manajemen, dan 21 mahasiswa S1 Akuntansi. Mahasiswa-mahasiswa didampingi oleh sekitar 15 orang pembimbing.

Sampai saat ini tercatat sebanyak 1.361 mahasiswa USB telah dikirim ke Singapore untuk mengikuti Overseas Stadium Generale. Program OSG ini merupakan kegiatan rutin, yang menjadi fasilitas bagi semua mahasiswa Program Reguler di USB. Dalam OSG ini, segala biaya akomodasi dan transportasi ditanggung oleh pihak USB.

usb Visit nanyangSingapore sendiri terkenal sebagai salah satu negara maju, meski memiliki demografi yang kecil. Singapura memiliki sistem pendidikan, perdagangan, teknologi yang maju. Selain itu Singapura juga terkenal akan peraturannya yang ketat dan sangat disiplin. Itulah mengapa Singapura dipilih oleh Universitas Setia Budi Surakarta untuk menjadi jujugan kegiatan study visit dengan tema Overseas Stadium Generale Batch VI.

Sementara Kampus yang menjadi tempat untuk mengikuti kuliah umum adalah Nanyang Technology University (NTU). NTU sendiri merupakan salah satu dari sepuluh universitas teknologi terbaik di kawasan Asia Pasifik. Bahkan NTU telah berhasil membangun reputasi sebagai universitas industri dan bisnis di kalangan pengusaha.

Di NTU mahasiswa USB mengikuti Kuliah Umum dengan materi “Mempersiapkan aspek Pendidikan dan Kesehatan untuk menyongsong Masyarakat ASEAN 2015”. Dalam kuliah umum yang diselenggarakan di Hall NTU Singapore tersebut, juga mendatangkan narasumber dari Pelajar Indonesia di Nanyang Technology University (PINTU), untuk melakukan sharing tentang beasiswa, biaya kos, dan peluang kerja. Untuk membangun atmosfer pendidikan internasional, kuliah umum tersebut disampaikan dalam Bahasa Inggris.

Tak hanya mengikuti kuliah umum di NTU Singapore, para pelajar juga melakukan kunjungan Industri ke NEWater. NEWater sendiri merupakan salah satu industri yang paling diandalkan di Singapura, yang bisa mengolah air laut menjadi air minum, yang bisa dikonsumsi secara gratis. Dalam kunjungan industri ini mahasiswa diharapkan dapat melihat langsung bagaimana proses pengolahan air, yang bisa dijadikan pengayaan dari materi yang diajarkan dalam perkuliahan.

Sementara Wakil Rektor II USB, Narimo mengatakan, bahwa kuliah umum dan kunjungan industri ini merupakan penjajakan awal untuk menjalin kerjasama, baik dengan institusi pendidikan maupun industri. Dalam bidang pendidikan, pengembangan program ini akan diarahkan pada program seperti seat in program, exchange program dan joint research program.

“Untuk bidang industri, ke depan diharapkan mahasiswa tidak hanya melakukan kunjungan industri, namun juga bisa melakukan Praktek Kerja Lapangan di NEWater Singapore,” pungkas Narimo. – ia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *