Harga Anjlok, Petani Cabe Terpukul

Petani memanen Cabe Rawit

JO, Solo – Para petani cabe merasa terpukul dengan anjloknya harga komoditas tersebut. Meski di tingkat eceran harga cabai di pasar tradisional senilai Rp 15.000 per kilogram (kg) namun ditingkat petani cuman dihargai Rp 5.000.

Idealnya, menurut ketua kelompok tani Subur Makmur Desa Ngloro Kecamatan Kismantoro Wonogiri Suratno, harga cabe di tingkat petani itu Rp 10.000 per kilogram karena biaya produksinya, dari pembibitan hingga panen cukup mahal, terutama untuk mendapatkan air. Kalau hanya dihargai Rp 5.000 tentu saja petani tombok.

“Anjloknya harga cabe sekarang ini karena keberhasilan panen. Hampir tidak ada serangan hama dan banyak petani yang menanam cabe. Padahal biasanya, pada musim kemarau menjelang penghujan tak banyak petani yang menanam cabai karena hama mengganas,” kata dia sebelum bertolak ke Jombang untuk ngangsu kawruh, Kamis (15/10/2015).

Menurut Saptono, konsultan dari Bank Indonesia (BI) Solo, kepergiaan para petani Wonogiri ke Jombang untuk belajar persemaian atau pembibitan tanaman cabe dan pengawetan cabe pasca panen. “Kita berharap, nantinya para petani bisa mengaplikasikan ilmunya yang didapat dari Jombang,”kata dia.

Penyuluh pertanian di Kecamatan Kismantoro Wonogiri Kukuh Subekti menambahkan, banyak manfaat yang diambil dari ngangsu kawruh di Jombang. Ia mengatakan, petani cabe di Kismantoro lebih banyak petani produksi, hanya membubidayakan cabe untuk mengambil buahnya. Sedang untuk mendapatkan bibit cabe, para petani harus membeli.

Menurut dia, hampir belum ada petani cabe di Kismantoro yang menangani pembibitan, sebab rumit serta membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Kalau pun ada jumlahnya sedikit dan untuk kebutuhan diri sendiri. Padahal bisnis pembibitan cabe itu hasilnya juga cukup besar, tidak kalah dengan petani produksi. Lagi pula harganya stabil dan tidak dipermainkan harga pasar.

“Yang tidak kalah adalah pengeringan cabe pasca panen, biar petani tidak dipermainkan harga,” katanya. – ang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *