Akhirnya Kusniawati Pulang …

Pasien Tertahan di RS Kustati, Dapat Donatur Rp 30 Juta

JO, Solo – Pasien di Rumah Sakit (RS) Kustati Solo, Kusniawati, 34, pasien asal RT 007/ RW 005 Dusun Panggang, Desa Losari Lor, Kecamatan Losari, Cirebon yang sempat tertahan di RSI Kustati karena belum bisa melunasi biaya perawatan akhirnya pulang, Kamis (21/1/2016) pagi.

Kepulangan Kusniawati tidak terlepas adanya bantuan dari seorang hamba Allah yang tidak mau disebut namanya, yang memberikan bantuan sebesar Rp 30 juta. Untuk menutup kekurangan biaya perawatan RS senilai Rp27 juta, yang sempat sebelumnya tertahan tak bisa pulang lantaran tak mampu membayar.

“Sekitar pukul 07.10 WIB, pasien Kusniawati sudah resmi pulang dari RSI Kustati. Ada donatur yang memberikan uang sekitar Rp 30 juta untuk melunasi tunggakan selama dirawat di RS sebesar Rp 27 juta,”ujar Novianto, relawan RS Kustati.

Menurutnya, uang dari donatur tersebut awalnya diserahkan ke pihak RS, hanya saja RS menyerahkan ke pasien dan langsung dibayarkan sebesar Rp 27 juta ke kasir. Sedangkan sisanya Rp 3 juta dibawa pasien. Selain itu, pihak RS juga memberikan bantuan dana dan fasilitas mobil gratis dari RS untuk mengantarnya pulang.

Kusniawati
Kusniawati

Ditambahkan Novianto, bahwa dirinya tidak mengetahui siapa orang yang berbaik hati telah menolong Kusniawati. Dermawan tersebut hanya menyebut sebagai hamba Allah.

Sementara itu, Tim Pengendali BPJS RSI Kustati, Irianti Susilowati ketika dikonfimasi membenarkan kabar kepulangan Kusniawati. Irianti mena mbahkan, seluruh tunggakan biaya sudah dilunasi setelah ada donatur yang memberikan bantuan sebesar Rp 30 juta.

“Sudah pulang Kamis (21/1/2016) pagi. Lunas semua setelah dapat bantuan dari Hamba Allah,” terang Irianti.

Sebagai tanda kemanusiaan dan menjaga silaturahmi, pihak RS masih memberinya uang saku Rp 5 juta dan jasa tumpang ambulans gratis hingga ke Cirebon. “Hamba Allah memberi amanat, semua utang RS terbayar lunas. Bahkan, keluarga masih bawa uang Rp11 juta dari sisa sumbangan dan uang saku RS,” katanya.

Keluarga Kusniawati mengucapkan terima kasih tak terukur atas semua pihak yang telah membantunya, baik media massa, RS Kustati dan sejumlah pihak lainnya. Kusniawati adalah pasien RSI Kustati yang sejak sebulan lalu tak bisa pulang lantaran masih menanggung utang di RS senilai Rp27 juta. Pasien asal RT 007/ RW 005 Dusun Panggang, Desa Losari Lor, Kecamatan Losari, Cirebon, Jawa Barat, itu hanya bisa pasrah lantaran sudah tak lagi memiliki harta untuk membayar biaya RS. – ian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *