Dicky: Hanya 10 Juta Bisnis Resto

Dari Launching Buku Luar Biasa Bisnis Restoran Di Indonesia

JO, Solo – Salah seorang profesional yang bergerak dibidang manajemen industri perhotelan dan restoran serta motivator, Dicky Sumarsono me-launch buku keduanya bertajuk Luar Biasa Bisnis Restoran Di Indonesia di resto Lazy Cow, salah satu restoran miliknya dii kota Solo. Kamis (21/1/2016).

Buku yang setebal 293 halaman ini diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama berisi tentang konsep dan strategi untuk dengan mudah direalisasikan dalam mengendalikan bisnis kuliner Wonderfull strategy and sensation revenue.

Dalam buku itu, ia membeberkan rahasia bisnis restoran dengan pola yang sederhana, dimana merupakan bisnis paling awet sepanjang masa, prospek selalu cerah dan menjanjikan, anak sekolah dan ibu rumah tanggapun bisa melakukannya.

“Untuk menjadi pengusaha restoran sukses, tak harus memulainya dengan menjadi ahli meramu resep ataupun piawai memasak lebih dulu,” papr Dicky.

Menurutnya, walaupun orang itu piawai dalam hal masak memasak namun belum menjadi patokan bakal sukses juga mengelola rumah makan, bahkan mereka yang memiliki profesi juru masak handal sekalipun.

“Dibutuhkan blueprint tentang konsep dan strategi bisnis yang bisa diaplikasikan sehingga mampu menarik hati kosumen untuk berkunjung dan menikmati, karena urusan makanan dan minuman jika masuk didunia usaha bukan sekedar pekerjaan dapur semata,” jelas Dicky.

Dicky Sumarsono
Dicky Sumarsono

Peluang usaha kuliner mulai dari restoran dan rumah makan hingga kini masih menggiurkan, tumbuhnya beragam jenis bisnis kuliner yang dihadirkan oleh para pelakunya tidak lagi hanya membidik kalangan tertentu saja, namun sudah pada semua segmen dan kalangan.

Kuliner sudah merambah dari segmen atas hingga menengah bawah, terbagi dalam jenis usaha kulinernya seperti restoran, cafe, pujasera, depot hingga warung-warung dan gerobak pedagang kaki lima.

Bisnis kuliner ini, tambah Dicky, tidak hanya dimainkan oleh mereka yang memiliki modal besar saja melainkan seberapa pun dana yang dimiliki bisa untuk menjalankan bisnis ini.

Buku yang diterbitkan ini juga mengupas bagaimana memulai bisnis restoran dengan modal dari 10 juta sampai dengan 10 milyar, strategi hebat raih profit dahsyat, yang diawali dengan menentukan target pasar dengan menu yang tepat. Termasuk memulai dan menjalankan bisnis resto, dengan standarisasi operasional resto yang efektif dan efisien.

Ditambajkan Dicky, restoran yang saat ini sedang naik daun adalah restoran dengan masakan Indonesia yang cara penyajiannya sekelas restoran dan harganyapun sudah selayaknya seperti hotel bintang lima.

“Selain karena makanan yang bisa disantap tiap hari, masakan Indonesia merupakan makanan daerah yang tidak harus berpikir tentang rasanya, karena bahan yang digunakan untuk memasak menu domestik ini sudah familiar,” terang Dicky.

Sedangkan kunci sukses membangun dan mengelola bisnis restoran adalah perencanaan menu atau sajian makanan dan minuman secara matang. Terutama pada jenis menu unggulan atau menu khas yang dipromosikan, mendadak diganti dan tidak ada, sehingga membuat konsumen kecewa. Khususnya bagi pemain baru kepiawaian dalam menentukan menu makanan dan minuman akan menjadi faktor penentu berkembangnya bisnis restoran.

Dicky Sumarsono mengaku tertarik menulis buku keduanya ini lantaran industri kuliner khususnya restoran tumbuh pesat di Tanah Air. Melengkapi salah satu poin yang cukup menarik dari buku sebelumnya Dahsyatnya Bisnis Hotel di Indonesia. Niatnya menulis buku sebenarnya sudah terbesit sejak lama. Namun baru belakangan terealisasi dan penulisannya berhasil kelar. – ian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *