Umat Islam Harus Siap Hadapi Perubahan

JO, Solo – Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Sabtu (26/3) bertempat di Ruang Sidang Fakultas Ekonomi, menggelar pengajian bulanan, menampilkan pembicara motivator tingkat nasional, KH. Ir. Seno Hadi Sumitro.

Pengajian dihadiri dosen, karyawan dan mahasiswa, dibuka Rektor, Prof. Ir. Kapti Rahayu Kuswanto. Dalam sambutannya mengharapkan acara civitas akademika Unisri, disela-sela kesibukan bekerja dan mengajar, serta menimbal ilmu untuk tidak lupa selalu berdzikir kepada Allah SWT.

“ Sempatkan sehabis sholat lima waktu selalu berdzikir, sehari minimal 100 kali. Insya Allah aktivitas dan kinerja kita akan meningkat, karena saat berdzikir kita bermuhasabah dan sekaligus mohon ampun pada Allah. Habis berdzikir hati kita akan menjadi tenang dan pikiran kita menjadi lebih jernih “ ungkap, Kapti Rahayu.

Dalam ceramahnya, Seno Hadi Sumitro, mamaparkan bahwa ajaran Islam, sarat ajakan agar manusia selalu siap melakukan perubahan, khususnya merubah diri sendiri, sebelum mengajak orang lain berubah. Perubahan yang mendasar adalah merubah sikap mental.

“Sayangnya umat Islam sering salah dalam memahami nasib dan takdir. Dalam perubahan nasib, Allah bersikap pasif, jadi manusialah yang seharusnya aktif melalukan perubahan, sebagaimana firman Allah, tidak akan merubah nasib suatu bangsa, sebelum masing-masing individu merubah dirinya sendiri. Kita bisa merubah nasib, namun hasil akhir, yang berupa takdir memang ada di tangan Allah SWT “ ungkapnya.

Selanjutnya, Seno Hadi Sumitro, mengajak kepada umat Islam untuk siap menghadapi perubahan, utamanya dalam sikap dan perilaku dari yang sifatnya ke negatif menuju positif. – arn

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *