Pemkab Sukoharjo Raih Predikat Kota Layak Anak

Sekda Pemkab Sukoharjo menerima penghargaan kota layak anak oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Pekanbaru. Foto: dok humas

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Pemerintah Kabupaten Sukoharjo kembali menuai prestasi, bertepatan peringatan Hari Anak Nasional, dianugerahi predikat sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) dengan Kategori Pratama. Ini kali kedua bagi Pemkab Sukoharjo menerima predikat KLA Pratama yang sebelumnya juga diterima pada tahun 2015 yang lalu.

Penganugrahan Predikat tersebut diterima Sekda Pemkab Sukoharjo Agus Santosa, dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise, di Pekanbaru, Riau, Sabtu (22/7/2017)

“Predikat ini kembali diraih Pemkab Sukoharjo berkat komitmen dan kerjasama antara Pemkab, Masyarakat, dunia usaha dan media massa,” kata Agus Santosa, Minggu (23/7/2017) usai kembali dari Riau.

Dijelaskan Kepala PPKB & PPPA Kabupaten Sukoharjo, Ir. Proboningsih Dwi Danarti, evaluasi KLA dilaksanakan setiap dua tahun sekali, dan di tahun ini telah dilaksanakan proses evaluasi dan verifikasi oleh pusat dengan sistem online.

“Kabupaten yang mendapatkan predikat ini harus memenuhi 24 indikator yang dirangkum dalam 5 klaster pemenuhan hak dan perlindungan anak, yaitu, Penguataan Kelembagaan, Hak Sipil dan Kebebasan, Lingkungan Keluarga dan Pengasuhan Alternatif, Kesehatan Dasar, Pendidikan dan Perlindungan Khusus. “semoga predikat ini bisa kami raih kembali ditahun-tahun mendatang dan semoga bisa lebih ditingkatkan. Dan Sukoharjo mampu memenuhi seluruh kriteria tersebut,” ungkap Proboningsih, yang ikut hadir bersama dengan Ketua TP PKK, mendampingi Sekda saat menerima penghargaan tersebut.

Untuk mempercepat terwujudnya Kabupaten/Kota Layak Anak di seluruh Indonesia, Kementerian Pembedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menerbitkan empat Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Empat peraturan dimaksud, adalah Permen 11, 12, 13 dan 14 Tahun 2011.(jia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *