Univet Bangun Laboratorium Terpadu Pertanian

JATENGONLINE, SUKOHARJO – YPPP Veteran siap menggelontorkan dana 8 miliar rupiah untuk melengkapi sejumlah sarana dan prasarana Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet) Sukoharjo. Diawali dengan pembangunan laboratorium terpadu pertanian dan peternakan yang akan didirikan di Desa Jagan Bendosari.

Pembangunan laboratorium ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Rektor Univet Prof Ali Mursyid, Ketua YPPP Veteran Bambang Margono dan dekan Fakultas Pertanian Yos Wahyu, Jumat (28/7/2017).

“Yayasan mendukung penuh penyediaan sarana dan prasarana untuk memajukan Univet menjadi lebih baik untuk meningkatkan kualitas dan bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Tahun ini ada banyak dana yang digelontorkan untuk meningkatkan sarana dan prasarana kampus,” ungkap Bambang Margono saat memberikan sambutan.

Rektor Univet Prof Ali Mursyid menjelaskan laboratorium ini untuk melengkapi sarana dan prasarana perkuliahan, sekaligus menjadi lahan percontohan bagi masyarakat Sukoharjo untuk program dan produk pertanian juga peternakan.

Dalam laboratorium seluas 1 hektar tersebut akan berisi peternakan sapi, kambing ayam. Lahan pertanian tanaman pangan dan buah, juga tempat pengolahan limbah, pengolahan hasil dan ruangan untuk belajar dan diskusi.

“Akan kita terapkan metode pertanian terpadu, prinsip dasar pertanian tanpa limbah. Limbah peternakan akan diolah sekaligus, ada lahan tanaman yang diberikan pada ternak. Kotoran ternak untuk pupuk tanaman. Jadi rantai makanan berputar. Rencana kedepan juga bisa menjaadi laboratorium belajar bersama untuk para siswa TK sampai SMA.” imbuh Prof Ali.

Ditambahkan Rektor, sekaligus dengan ketersediaan laboratorium pertaniN tersebut untuk menambah nilai untuk akreditasi yang akan dilaksanakaan pada bulan Desember 2017 nanti. (jia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *