CSR Alfamart Pemberdayaan Perempuan di Kabupaten Sragen

Manfaatkan Sampah Rumah Tangga Menjadi Karya Bernilai

JATENGONLINE, SRAGEN – Sebagai toko komunitas Alfamart berupa selalu dekat dengan masyarakat, diantaranya dengan menggelar kegiatan pemberdayaan perempuan berupa pengelolaan sampah rumah tangga menjadi barang bernilai seperti kerajinan vas bunga berbahan botol dan koran bekas. Kegiatan yangdihadiri oleh para ibu rumah tangga di Desa Pilang Kecamatan Masaran Kabupaten Sragen Jawa Tengah pada Selasa (25/7/2017) kemarin.

Acara tersebut sebagai bentuk tanggung jawab sosial bagi lingkungan masyarakat (CSR). “Kegiatan ini sebagai bentuk CSR perusahaan untuk pemberdayaan perempuan dan memberikan nilai tambah pengetahuan tentang lingkungan dan ketrampilan bagi masyarakat, khususnya para ibu rumah tangga,” papar Regional Corporate Communication Manager Alfamart, Firly Firlandi.

Selain itu jelas Firly, tujuan utamanya tentu sebagai salah satu bentuk nyata berkontribusi kepada masyarakat, khususnya pemberdayaan kaum perempuan. Kegiatan tersebut juga untuk memberikan wawasan kepada peserta, jika sampah rumah tangga yang semula diabaikan, ternyata di tangan orang kreatif bisa bermanfaat dan memiliki nilai seni dan ekonomi.

“Diharapkan, setelah mengikuti pelatihan ketrampilan ini, kelak bisa bermanfaat untuk dirinya, keluarga bahkan berpeluang untuk mencoba merintis usaha tambahan,”tambahnya.

Kegiatan yang digelar di balai desa tersebut, langsung dipandu oleh Denok Marty Asuti dan team dari komunitas Gerakan Orang Muda Peduli Sampah (Gropesh). Dengan pengelolaan sampah rumah tangga secara baik dan bijak, bukan hanya menjadikan lingkungan lebih bersih. Namun, karya yang dihasilkan dari sampah atau barang bekas juga bernilai tinggi. Untuk pelatihan kali ini,

Denok mengajak peserta untuk peduli sampah rumah tangga dan memberikan panduan cara berkreasi membuat barang bekas sampah botol plastik dan koran bekas menjadi nilai karya yang memiliki seni dan ekonomi.

Kepala Desa Pilang, Masaran Sragen, Sukisna, pihaknya merespon positif kegiatan tersebut. Pihaknya mendukung atas sinergi peran swasta untuk memberdayakan warga terkait pengetahuan pengelolaan sampah rumah tangga dan kreatifitas untuk mengolahnya menjadi barang bernilai.(ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *