Presiden Jokowi Buka Kongres HIPPIS

Presiden RI Joko Widodo saat membuka kongres HIPPIS di Solo Baru Sukoharjo.

JATENGONLINE, SUKOHARJO – Dalam kesempatannya membuka kongres HIPPIS (Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu Ilmu Sosial) di Hotel Best Western, Solo Baru, Rabu (9/8/2017), Presiden Republik Indonesia Jokowi menyinggung perkembangan smartphone (gadget) yang mempengaruhi perkembangan sosial di masyarakat dunia khususnya Indonesia.

Dalam pidatonya, Jokowi menuturkan bahwa gadget memainkan tak hanya berperanan penuh perkembangan landscape sosial, tetapi berdampak kepada ekonomi, politik dan budaya.

“Sekarang bisa kita lihat dimana-mana perkembangan perilaku konsumtif yang dilakukan semua orang beralih kepada online. kalau mau beli apa apa mudah, tinggal pesan dan nanti sampai dirumah kita tanpa harus menunggu lama,” tandasnya.

Presiden mencontohkan timbulnya kelesuan yang dialami beberapa toko swalayan dan aneka jualan lainnya yang sekarang beralih kepada perliku jual beli online (online).

Mantan Walikota Solo itu juga memberikan pengalamannya saat ia mengunjungi Alibaba Store di Cina. Disana diperlihatkan kecanggihan teknologi dalam perannya memperjualbelikan barang barang secara online. Perkembangan seperti ini kalau tidak diimbangi oleh para masyarakat, tentunya akan membahayakan. Ia menilai tidak akan bisa masyarakat dan pemerintah menutup mata terhadap perkembangan teknologi ini.

“Maka dalam kongres ini, saya harapkan adanya terobosan baru dari para ahli ekonom dan ahli sosial untuk bisa melihat isu ini. Jangan remehkan barang yang kecil ini (gadget). Kalau kita lengah kita akan tertinggal jauh sekali,” pungkasnya.

Sementara itu Rektor UNS, yang juga Ketua HIPIIS, Prof Ravik Karsidi mengemukakan Kongres HIPPIS dihadiri sekitar sekitar 400 pelaku ekonomi dan bisnis, pengurus pusat, pengurus cabang termasuk juga para penggiat Ilmu-Ilmu Sosial di seluruh Indonesia dan beberapa peninjau dari luar negeri.

“Kongres ini akan mengangkat tema Peranan Ilmu-Ilmu Sosial dalam Menjaga Kebhinnekaan dan Persatuan Bangsa,” jelas Rektor UNS, Ravik Karsidi

Serangkaian acara dalam Kongres HIPIIS ke X, juga digelar International Conference yakni The 4th Sebelas Maret International Conference on Business, Economics, and Social Sciences (SMICBESS) dan The 1st Sebelas Maret International Conference on Social Sciences (SMICSOS)

“Masih terkait dengan gelaran acara tersebut juga akan diberikan penghargaan ‘HIPIIS Social Science Award 2017’ kepada budayawan Emha Ainun Najib dan Prof Dr R Siti Zuhro (Peneliti Sosial Politik),” tandas Ravik Karsidi. (jia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *