Tekad GAKI, Siap Kawal Dana Desa !

Komunitas gerakan anti korupsi Indonesia dideklarasikan di Sukoharjo.
JATENGONLINE, SUKOHARJO – Maraknya kasus korupsi sampai ketingkat pemerintahan terrendah, membuat sejumlah masyarakat pegiat hukum dan keadilan se Solo Raya membuat LSM yang bergerak dibidang pemberantasan korupsi. Gerakan Anti Korupsi Indonesia (GAKI), Senin (14/8/2017) dideklarasikan di Sukoharjo, dengan diketuai oleh Didik Rudiyanto.

“GAKI berdiri dengan latar belakang munculnya korupsi hingga ketingkat desa desa. Apalagi saat ini ada dana desa yang di beberapa tempat sudah terjadi kasus korupsi. Jangan sampai karena ketidaktahuan perangkat desa mereka terjebak untuk melakukan korupsi,” ungkap Didik Rudiyanto, usai deklarasi di RM Anugerah Sukoharjo.

Deklarasi yang ditandai dengan pembacaan komitmen oleh 50 pengurus GAKI yang terdiri dari perwakilan se Solo Raya, disaksikan oleh Kepala Kantor Kesbang, Camat, Polres Sukoharjo dan sejumlah perwakilan ormas.

Ditambahkan Didik, langkah pertama yang akan dilakukan GAKI melakukan koordinasi dengan aparat penegak hukum, baik itu Polda Jateng maupun Kejati Jateng, hingga ke tingkat Polres dan Kejari. Khususnya kerjasama dalam sosialisasi, bintek hingga penanganan kasus.

Selain korupsi, pihaknya juga akan menyoroti terkait penyalahgunaan lahan hijau di beberapa wilayah. Ia tidak setuju apabila lahan hijau atau lahan produktif digunakan untuk pembangunan gedung atau industri.

“Saya juga sedang menyoroti pembangunan gedung DPRD yang akan dibangun di daerah Mandan, Sukoharjo. Disana itu kan dalam RTRW merupakan lahan hijau, harusnya tidak boleh didirikan gedung,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo yang diwakilkan oleh Kepala Kesbangpol Gunawan Wibisono menyambut baik kemunculan GAKI. Ia mengharap adanya kerjasama yang baik untuk membantu kegiatan kegiatan pemerintah.

“Sebagai lembaga kontrol sosial, sangat taktis sekali dengan membuat perkumpulan seperti ini,” tutupnya. (jia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *