BPJS Kesehatan Bentuk Lembaga Sertifikasi Profesi

JATENGONLINE, JAKARTA – Sesuai dengan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, disebutkan bahwa tenaga kerja berhak memperoleh pengakuan kompetensi kerja melalui sertifikasi kompetensi kerja yang dibentuk badan nasional sertifikasi profesi yang independen.

Untuk itu, BPJS Kesehatan bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) mengimplementasikan apa yang dibunyikan pada UU Ketenagakerjaan, dengan memberikan sertifikasi yang diakui secara nasional bagi pegawainya dengan membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi BPJS Kesehatan.

“Guna mengimbangi kebutuhan pegawai yang berkompetensi dan berkinerja unggul, penyiapan sumber daya manusia yang tangguh dan kompeten, maka konsep yang paling tepat adalah melalui pembangunan Lembaga Sertifikasi Profesi BPJS Kesehatan. Lembaga ini diharapkan menjadi pusat pembelajaran Duta BPJS Kesehatan dengan berbagai sarana dan prasarana pendukung yang saling terintegrasi,” ujar Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris saat meresmikan Lembaga Sertifikasi Profesi BPJS Kesehatan di Cisarua, Senin (21/8/2017).

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi, Sumarna F. Abdurahman sekaligus menyerahkan Surat Keputusan Pendirian Lembaga Sertifikasi BPJS Kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Fachmi menjelaskan, pertimbangan kompetensi SDM merupakan salah satu aset strategis dalam organisasi ini, maka pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi para Duta BPJS Kesehatan untuk menguji kompetensi dan memastikan SDM tersebut memiliki kompetensi inti terhadap penciptaan nilai dan keunggulan organisasi.

“Terlebih, BPJS Kesehatan merupakan satu-satunya organisasi di Indonesia yang mengelola jaminan sosial kesehatan, sehingga jarang ditemukan atau bahkan tidak ada institusi lain di Indonesia yang berkompeten sebagai sarana pembelajaran terkait sistem jaminan sosial kesehatan,” ujar Fachmi. (hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *