Astra Motor Jateng Ikut Sukseskan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan 2019

Seleksi Pelopor Keselamatan Berkendara: Kegiatan Seleksi Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan 2019 bersama Astra Motor Jateng di Gedung Pertemuan Daerah Kota Salatiga. Selasa(23/4/2019)

JATENGONLINE, SEMARANG – Selama tanggal 22 – 25 April 2019, Dinas Perhubungan Kota Salatiga mengadakan seleksi peserta Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) 2019 untuk menjaring bibit-bibit unggul tingkat SMA dan SMK yang memiliki kemampuan dalam bidang keselamatan berkendara dan angkutan jalan. Dalam seleksi ini, Main Dealer Astra Motor Jateng menjadi bagian dari proses seleksi peserta yang nantinya akan menjadi perwakilan untuk maju ke tingkat provinsi serta ke tingkat nasional.

Astra Motor Jateng berkesempatan untuk memberikan pembekalan perihal keselamatan berkendara (safety riding) khususnya untuk kendaraan roda dua. Pembekalan yang diberikan oleh Astra Motor Jateng ini digunakan sebagai tambahan wawasan peserta mengenai keselamatan berkendara yang digunakan untuk menyusun presentasi sebagai kriteria seleksi. Selain presentasi, leadership, public speaking, serta perilaku peserta selama proses seleksi juga menjadi bobot penilian juri.

Dilaksanakan di Gedung Pertemuan Daerah (GPD) Kota Salatiga, seleksi ini diikuti oleh sekitar 200 peserta seleksi. Materi yang dipaparkan oleh Astra Motor Jateng meliputi teori, tips serta teknik berkendara guna berlalu lintas dan beretika di jalan raya. Pembekalan dilanjutkan dengan demo berkendara di luar ruangan guna memberikan wadah bagi peserta untuk mempraktekkan teori yang sudah dibawakan sebelumnya oleh Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto. (23/04)

Processed with VSCO with c4 preset

Kegiatan pembekalan dari Astra Motor Jateng mendapatkan respon yang baik dari semua peserta karena penyajian materi yang runtut, mendalam dan menghibur sehingga peserta tidak merasa bosan dan lelah. Kegiatan ini diakhiri dengan tantangan berhadiah untuk para peserta untuk membuktikan kemahirannya di atas kendaraan roda dua yang selalu mereka gunakan. Dalam sesi ini, peserta diberi penilaian bedasarkan kemampuan berkendaranya dan dihimbau supaya lebih banyak berlatih.

Selama 11 tahun terakhir, telah menjadi agenda rutin dari Dinas Perhubungan untuk menciptakan kader-kader peduli keselamatan berkendara muda dalam kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ. Kegiatan ini merupakan bentuk pemerintah untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kendaraan bermotor.

Oke Desiyanto berpesan kepada seluruh peserta Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ 2019 tingkat Kota Salatiga untuk tidak hanya menggunakan materi keselamatan berkendara yang sudah diajarkan untuk proses seleksi ini saja, namun juga perlu untuk selalu diterapkan di kehidupan sehari-hari.

“Ingat untuk selalu sopan dan beretika di manapun itu termasuk di jalan raya, taati petunjuk rambu lalu lintas dan marka serta bertanggungjawab terhadap apa yang dilakukan selama berlalu lintas. Yang terpenting, #Cari Aman ya sebelum berlomba!” pesan Oke. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *