Saatnya Transformasi Digital Industri Perhotelan

Desain interior berkonsep compact Front One Cabin (FOC) Salmet Riyadi by Azana Hotels and Resorts

JATENGONLINE, SOLO – Digitalisasi berkembang kian cepat dan merambah ke berbagai sektor industri. Hal ini tentunya memberikan dampak positif dan membawa keuntungan bagi berbagai sektor, termasuk bagi industri perhotelan.JATENGONLINE, SOLO – Digitalisasi berkembang kian cepat dan merambah ke berbagai sektor industri. Hal ini tentunya memberikan dampak positif dan membawa keuntungan bagi berbagai sektor, termasuk bagi industri perhotelan.

Kemajuan teknologi seperti hadirnya layanan payment gateway, Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), dan otomatisasi telah merevolusi pengalaman konsumen dan membantu perkembangan bisnis perhotelan.

Dan, perusahaan modern pun akan memanfaatkan sistem reservasi online yang terintegrasi dengan para agen maupun aplikasi yang dibangun sendiri. Dengan cara tersebut, hotel akan lebih cepat terjamin dalam mendapatkan penyewa kamar.

“Transformasi digital sektor perhotelan sudah menjadi kebutuhan,” kata CEO Azana Hotels and Resorts Dicky Sumarsono, sekali waktu ditemui.

Karena menurutnya, semakin banyak orang yang lebih memilih melakukan sesuatu melalui ujung jemari mereka. Kesibukan masyarakat modern dan perkembangan teknologi digital mendorongnya untuk itu.

Internet of Things (IoT) telah banyak digunakan oleh hotel-hotel di seluruh dunia untuk menghubungkan berbagai perangkat melalui internet. Penerapannya seperti dimanfaatkan untuk mengendalikan lampu hingga suhu ruangan. Tentu hal ini akan berdampak besar pada efektivitas biaya operasional hotel sehari-hari.

Penggunaan Big Data, yang bertujuan untuk pengumpulan data yang berkembang pesat di hampir semua industri, termasuk juga di perhotelan. Untuk menawarkan pengalaman yang lebih personal. Seperti misalnya, menawarkan rekomendasi lokasi wisata yang cocok berdasarkan usia, budget dan jenis kelamin.

Hotel pun kini meneapkan Artificial Intelligence salah satu teknologi yang siap memberikan dampak di industri perhotelan yang dapat membantu pihak hotel untuk memprediksi momen-momen ketika kamar terisi penuh dengan melihat pada tren check-in tamu.

“Augmented Reality yakni menghadirkan pengalaman yang canggih bagi tamu untuk dapat melakukan tur virtual untuk melihat fasilitas-fasilitas maupun atraksi yang ditawarkan hotel,” terang Dicky.

Kamar yang nyaman dengan fasilitas hotel bintang 4, bisa didapatkan di Front One Cabin (FOC) Slamet Riyadi Solo

Bahkan, penerapan Recognition Technology, yakni teknologi autentikasi biometri yang lebih mulus yang dimanfaatkan para tamu untuk membuka kamar hotel dan melakukan check-in/ check-out dengan pemindaian wajah atau sidik jari, akan melengkapi pembangunan hotel-hotelnya di masa mendatang.

Berbagai inovasi teknologi yang dilakukan oleh para operator dan pengembangnya tentunya akan merevolusi industri perhotelan menjadi semakin memanjakan para calon tamu. Selain dapat semakin meningkatkan pengalaman para tamu hotel. Adanya aplikasi yang memungkinkan ‘Self-Service’

Pilar Transformasi Digital Efektif
Persaingan dalam era digital sekarang ini memang mengharuskan perusahaan untuk mengadopsi teknologi digital. Ini akan melibatkan komitmen, perencanaan, strategi dan investasi. Sebagai pilar untuk melakukan transformasi digital secara efektif agar tidak ‘clegukan’ ditengah proses.

Oleh karena itu, Azana Hotels and Resorts pun, selalu menghadirkan produk-produk seiring dengan pertumbuhan dan perkemangan tehnologi dalam properti hotel yang dibangun dan dikelolanya. Melakukan transformasi infrastruktur IT untuk dapat melakukan transformasi digital secara efektif.

“Siapa yang lebih cepat bertransformasi digital secara efektif, terbukti dapat menjadi pemimpin pasar,” tegasnya

Meskipun hotel anda memiliki spot terbaik, lanjut Dicky, pelayanan tetap merupakan hal utama. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah efisiensi operasional. Kedua hal tersebut dapat dicapai secara bersamaan dengan menerapkan transformasi digital.

Front One Cabin (FOC) Slamet Riyadi Solo

Frontone Cabin
Azana Hotels and Resorts sebagai brand operator hotel profesional asli Solo, terus meningkatkan kepercayaan konsumen dan owner hotel jaringannya, dengan memberikan benefit dan profit yang menguntungkan.

Salah satu brand yang kini dikembangkannya Frontone Cabin (FOC) yang saat ini dalam proses penyelesaian pembangunan propertinya di beberapa kota seperti Surabaya, Jogja, Sragen, Klaten, Purwokerto dan Kerawang.

Lifestyle dan permintaan pasar hotel tipe ini terus tumbuh dan kian tinggi, karena para tamu lebih enjoy menginap di cabin hotel untuk keperluan semalam, dengan harga kamar yang tidak mahal dan juga tidak murahan, strategis, karena lokasi FOC selalu berada di pusat kota, pusat binis, dekat stasiun, dekat terminal dan tidak terlalu jauh dengan obyek wisata.

Melihat itu, Azana Hotels and Resorts, akan membangun hotel cabin ini lebih banyak lagi di seluruh Indonesia, seperti halnya penetrasi pasar yang dilakukan oleh toko ritel modern yang terus bermunculan di beberapa kota di tanah air.

Salah satu venue di Hotel FOC Slamet Riyadi Solo

Dalam waktu dekat ini, Azana Hotels and Resorts pun akan melaunching Front One Cabin (FOC) Slamet Riyadi, berkonsep hotel 4.0 ini merupakan hotel ke 41 yang di manage-nya dari target 60 properti yang kini tengah dibangun dan tersebar seluruh Indonesia.

Front One Cabin ( FOC ) Slamet Riyadi memiliki 30 guest rooms, di bangun khusus untuk “Smart Traveller” yang berkunjung di Kota Solo. Dengan konsep minimalis dan bernuansa “music universe” yang colorfull di setiap sudut wall serta beberapa aminities, sehingga diharapkan tamu bisa merasakan atmosphere “smart & young” .

Lokasi yang sangat startegis karena berada di jantung jalur utama Kota Solo, Jl. Slamet Riyadi No. 110 Solo. Dekat dengan Stasiun Balapan, dekat Pusat Bisnis dan Perkantoran, dekat wisata kuliner khas Solo yakni Keprabon dan Galabo, Istana Mangkunegaran, Ngarsopuro, Pasar Klewer, Pusat Grosir Solo dan Keraton Kasunanan Solo. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *