Peluang Bisnis Baru di Era Revolusi Industri 4.0

JATENGONLINE, SOLO – Meski tidak mau menyebutkan strategi yang digunakan dalam meraih dukungan, Antok Boni Trisnanto calon nomor urut 1, pemilihan Ketua Umum HIPMI Solo periode 2019-2022 mendatang.

Lebih melihat pada tantangan kedepan, dimana pertumbuhan digital signifikan merubah segalanya, termasuk di berbagai sektor bisnis, basis internet mendominasi perangai industri usaha.

“Digital menjadi tren dunia usaha ke depan, sehingga kita harus bijak mensikapi ini,” terang Antok.

Memang benar, revolusi industri 4.0 merupakan fase revolusi teknologi yang mengubah cara beraktivitas manusia dalam skala, ruang lingkup, kompleksitas, dan transformasi dari pengalaman hidup yang sebelumnya.

Prinsip dasar revolusi industri 4.0 adalah menggabungkan mesin, alur kerja, dan sistem dengan menerapkan jaringan cerdas di sepanjang rantai dan proses produksi. Hal ini bertujuan untuk mengendalikan satu sama lain secara mandiri. Perkembangan teknologi yang pesat akan mendorong perubahan perilaku masyarakat, dan peningkatan kebutuhan akan mendorong berubahnya dan terciptanya peluang bisnis dan pekerjaan baru.

“Perubahan dan peluang bisnis yang baru didorong dengan perkembangan penggunaan internet. Dimana peluang ini juga disadari oleh para pelaku bisnis untuk memanfaatkan internet dalam proses berbisnis,” tambah Antok.

Penggunaan internet dalam proses berbisnis akan terus mengalami perkembangan, imbuhnya. Mulai dari pertukaran informasi secara elektronik ke aplikasi strategi bisnis, pemasaran, penjualan, hingga pelayanan pelanggan.

Selain itu, internet juga memungkinkan orang dari suatu organisasi atau lokasi yang berbeda dapat bekerja sama sebagai satu tim virtual untuk mengembangkan, memproduksi, memasarkan, dan memelihara produk atau pelayanan. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *