Tanamkan Jiwa Kepemimpinan & Melatih Keteladanan Siswa Melalui LDK

Oleh : Sri Suprapti, Waka Humas SMP Negeri 8 Surakarta

Kepemimpinan adalah sebuah kemampuan atau kekuatan dalam diri seseorang untuk mempengaruhi orang lain dalam hal bekerja, dimana tujuannya adalah untuk mencapai target (goal ) organisasi yang telah ditentukan. Sedangkan pemimpin adalah seseorang yang diberi keprcayaan sebagai ketua ( kepala ) dalam system di sebuah organisasi maupun perusahaan.

Generasi muda yang unggul, kader-kader pemimpin yang berkarakter merupakan dambaan bagi setiap bangsa. Oleh karena itu SMP Negeri 8 Surakarta yang dipimpin oleh Triad Suparman berusaha menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, kedisiplinan dan keteladanan kepada 40 pengurus OSIS Tahun Pelajaran 2019/2020 melaui kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan.

Latihan Dasar Kepemimpinan ( LDK ) yang dilakukan tahun ini bertujuan untuk mencetak siswa-siswi SMP Negeri 8 Surakarta yang berkarakter untuk peningkatan sumber daya siswa untuk mendalami dan memahami tentang konsep dasar organisasi di sekolah melalui kegiatan OSIS. Kegiatan yang dilakukan di ruang Aula, Sabtu – Minggu tanggal 19 – 20 Oktober 2019 dibuka oleh Kepala Sekolah Triad Suparman, M.Pd.

Pesan yang disampaikan adalah agar bisa menjadi contoh bagi siswa yang lainnya.dan dapat mengikuti kegiatan dengan baik sehingga memberikan manfaat bagi pribadi siswa. Harapannya dengan mengikuti LDK akan menanamkan jiwa kepemimpinan, kemandirian, kedisiplinan dan keteladanan.

Kegiatan LDK yang dipandu oleh Waka Kesiswaan yang sudah berpengalaman, Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd. dan beberapa Pembina pendamping antara lain : Nur Barokah, S.PdI, Radi Yatmoko, S.PdK, F.Nita Purwaningsih, S.Ag., Latifah Nugrahani, S.Pd., Sri Tri Wulan, S.Pd., Dra. Endang Pusphaningsih, Dra. Tri Puji Hartini, Ch. Endah Setyowati, S.Pd., Yuni Setiowati, S.Si dan Endang Lestari, S.Pd.

Mereka memberikan berbagai materi yang mencakup pembentukan mental dan kecakapan fisik. Jenis kegiatannya antara lain : Materi inti Kepemimpinan, Materi Kesiswaan melalui Dasar-dasar Kepemimpinan, Perumusan Perencanaan Program Kegiatan masing- masing Sekbid ( kerja kelompok ), PBB, dan TUB.

“Membentuk kader-kader kepemimpinan, berkarakter, religious, Nasionalis, Integritas, mandiri, gotong royong, merupakan modal dasar yang harus dikuasai dan dipahami oleh setiap peserta LDK,” tutur Wahyu Prihatin S, S.Pd. yang disampaikan di Aula SMP Negeri 8 Surakarta. Selain itu, Wahyu juga berpesan kepada siswa agar modal dasar ini dipedomani dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, Pembina pembimbing mengajak peserta LDK untuk latihan fisik di halaman SMP Negeri 8 Surakarta. Melalui berbagai kegiatan individu dan kelompok, latihan baris berbaris, dan latihan dasar organisasi diharapkan bisa membentuk kedisiplinan dan jiwa kepemimpinan siswa.

Berbagai tntangan yang dihadapi oleh siswa dalam berbagai latihan tentunya memiliki sifat membangun karakter mereka yang positif. Acara yang dimulai pada pukul 07.30 WIB itu juga disediakan makan pagi bersama yang dipandu oleh Wahyu. Dari kegiatan makan bersama yang tertib dan teratur pun bisa membentuk karakter kedisiplinan siswa dengan antri saat mendapatkan makanan, duduk dengan rapi, tidak banyak berbicara, berdoa bersama dan makan sampai habis.

Acara ditutup pada hari Minggu, 20 Oktober 2019 pada pukul 10.00 WIB. Membiasakan siswa supaya lebih memiliki kedisiplinan, tanggung jawab dan kemandirian guna membentuk karakter siswa di lingkungan sekolah. Dari situlah siswa belajar bagaimana menghadapi tantangan dan rintangan yang ke depannya bermanfaat bagi siswa dalam menghadapi kehidupan kelak setelah dewasa.

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta Triad Suparman, M.Pd. sangat mengapresiasi serta mendukung kegiatan tersebut, sebab dengan melalui kegiatan seperti ini siswa akan lebih termotivasi mengembangkan potensi sosial mereka. Selain itu bahwa kegiatan ini merupakan dasar dan pondasi awal bagi mereka untuk belajar memimpin dan dipimpin. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *