Pentingnya Sertifikasi Perhotelan & Gaet Pasar Era Digital

(Paling kiri) General Manager Riyadi Palace Hotel Solo, Tito Adrianto, saat berfoto bersama usai Lunch Break bersama GM Hotel di Solo

JATENGONLINE, SOLOSertifikasi Usaha Hotel adalah proses pemberian sertifikat kepada usaha hotel untuk mendukung peningkatan mutu produk, pelayanan dan pengelolaan usaha hotel melalui penilaian kesesuaian standar usaha hotel.

Mengapa Sertifikasi Usaha Hotel penting? Hal ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas produk, pelayanan dan pengelolaan kepariwisataan produktivitas usaha pariwisata.

Peraturan perundangan terkait mencakup Undang Undang No.10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan, Peraturan Pemerintah RI No. 52 Tahun 2012 Tentang Sertifikasi Usaha Di Bidang Pariwisata, serta Peraturan Meneteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI No. PM.53/HM.001/MPEK/2013 Tentang Standar Usaha Hotel.

General Manager Riyadi Palace Hotel Solo, Tito Adrianto mengatakan, pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk memastikan bahwa Riyadi Palace Hotel benar – benar memberikan produk dan pelayanan terbaik untuk para tamu.

“Sertifikasi ini sangat penting bagi kami. Sertifikat ini juga sebagai komitmen kita dan selanjutnya untuk menjawab tantangan dunia perhotelan yang semakin kompleks. Ini juga menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi dan bersaing secara sehat,” harap Tito.

Lebih lanjut di terangkan Tito, kalau kita semisal mau liburan atau membutuhkan akomodasi pasti beberapa orang melihat berdasarkan sort list yang ada di aplikasi kan ya.. dari situ kita bisa tahu hotel tersebut mempunyai kriteria sama atau tidak. Bila kita pilih sort nya hotel bintang 3 tentunya fasilitas juga kita sort sesuai dengan yang kita mau, dengan demikian konsumen tahu pasti apa yang menjadi pilihan dan kebutuhannya.

“Jika hotel sudah bersertifikasi bintang, maka konsumen akan lebih percaya bahwa hotel tersebut memang sesuai dengan yang dipilih, sertifikasi sangat membantu konsumen untuk memilih kriteria akomodasi sesuai kebutuhannya,” ujar Tito Adrianto

GM Forum Solo Raya

Lalu, seberapa besar para tamu masih menjadikan sertifikasi dan klas hotel dalam pemenuhan kebutuhan akomodasinya dimana saat ini dengan semakin gampangnya mereka melakukan pemesanan melalui aplikasi?

“Semua segmentasi pasar, mulai dari individual traveler, travel agent, goverment. Saya yakin, semua membutuhkan informasi yang pasti terkait kriteria hotel bintang mulai dari akomodasi berikut budgetnya,” lanjutnya.

Sertifikat yang berlaku selama tiga tahun ini sangat penting, terutama bagi hotel bintang dengan segmentasi bidikan wisatawan mancanegara, dimana mereka membutuhkan informasi sebanyak-banyaknya, untuk mengetahui obyek wisata, akomodasi di daerah baru, mereka pasti cari yang sudah terjamin kualitas nya

Potensi Pasar Hotel di Solo Tahun 2020
Peningkatan infrastruktur yang dibangun oleh Pemerintah di sejumlah daerah memberi dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi. Dengan ada nya jalan bebas hambatan (Tol) memberi ‘angin segar’ di industri jasa perhotelan.

Terlebih pulau Jawa termasuk dalam 4 dari 10 nama yang disebut-sebut sebagai new nya Bali, disamping beragam nya kuliner di daerah ini yang semakin menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi Solo memiliki stadion baru dengan fasilitas baik dan bisa dimaksimalkan untuk kegiatan selain sepakbola.

Solo bakal menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang Piala Dunia U23, diyakini akan menjadi ‘magnet’ dan daya tarik. Baik melalui gelaran event ataupun kegiatan olahraga yang lain. Selain di dukung adanya aplikasi pencari akomodasi dan paket wisata seperti skyscanner dan lain-lain, kian mempermudah pencarian akomodasi.

“Helatan pilkada serentak di tahun 2020, termasuk pemilihan walikota dan wakil walikota Solo, sedikit banyak pasti juga membuat efek orang datang ke Solo,” ujar Tito lagi.

Sejumlah langkah strategis digagas oleh Riyadi Palace Hotel, hotel yang lokasinya sangat strategis berada di jalan utama kota Solo untuk mengambil ‘kue’ tersebut, telah menyiapkan tim marketing, selain akan mengoperet hotelnya secara mandiri.

Riyadi Palace Hotel akan mentargetkan kembali apa yang menjadi pasar potensialnya. Membuat lebih baik pemasaran baik online maupun offline. Me-maintain pelanggan yang loyal dan sudah lama mempercayakan akomodasinya. Memperbaiki dan upgrade beberapa produk dan fasilitas hotel. Lebih aktif mengoptimalkan keberadaan website dan medsos untuk mendatangkan lebih banyak tamu.

“Masih banyak potensi yang menjadi daya tarik tamu dan wisatawan untuk menginap di Riyadi Palace Hotel,” kata Tito.

Sejumlah produk tangible dan intangible bakal dioptimalkan mulai awal tahun 2020, mulai peristiwa sejarah masa lalu, produk hotel hingga kualitas layanan yang benar- benar sesuai dengan sertifikat hotel bintang 3.

Sementara strategi pemasaran hotel yang efektif di era digital semakin mudah, cukup daftarkan seluruh jaringan hotel ke booking engine, misal Traveloka dan sejenisnya. Mudah bukan? namun diluar sana masih lebih banyak yang membutuhkan personalisasi. Hotel adalah bisnis hospitality yang memerlukan unsur humanisme.

Saat ini, pemasaran digital untuk hotel sedang digunakan dengan kecepatan yang merajalela di industri perhotelan. Meskipun pada akhirnya, memang benar bahwa upaya tersebut sebenarnya menguntungkan tetapi pertanyaannya di sini adalah, berapa banyak jumlah uang dan kerumitan yang harus dimasukkan dan bagaimana tepatnya?.

Sekarang dengan kemajuan teknologi, sebagian besar pemesanan diperoleh melalui strategi distribusi inventaris online yang cerdas. Distribusi kamar hotel secara online dapat dikelola dari situs web hotel atau melalui saluran distribusi pihak ketiga.

Karena itu, sangat jelas bahwa teknologi telah mendominasi cara para pelaku bisnis perhotelan dalam menerima pemesanan. Itulah sebabnya pendekatan untuk mempromosikan bisnis hotel juga harus berubah.

Di sini, yang lebih menarik lagi adalah kenyataan bahwa terdapat serangkaian strategi pemasaran hotel yang berbeda yang dapat diikuti ketika berurusan dengan OTA (Over The Air) dan bahkan mendapatkan pemesanan langsung.

Bersamaan dengan itu, ketika tahun baru tiba, itu membawa serta berbagai ide, strategi, dan tujuan lengkap untuk mendapatkan lebih banyak pemesanan, memberikan layanan yang luar biasa dan pada akhirnya mendapatkan kenaikan yang cukup besar dalam pendapatan.

Menerapkan serangkaian ide pemasaran digital hotel yang tepat adalah pilihan terbaik yang harus dibuat, jika tidak ingin tertinggal. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *