Dekan Pertanian Unisri Beri Kuliah Umum Di Unmer Madiun

JATENGONLINE, MADIUN – Dekan Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Dr. Dewi Ratna Nurhayati diundang Universitas Merdeka Madiun (Unmer) untuk memberi kuliah umum mahasiswa Fakultas Pertanian setempat.

Topiknya tentang prospek budi daya tanaman industri dan tanman obat berbasis pupuk organik. Topik itu dipilih karena di Fakultas Pertanian Unmer Madiun belum ada mata kuliah budidaya tanaman obat dan hanya sebagian kecil. Materi tentang tanaman obat masuk pada kuliah hortikultura.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan proses belajar mengajar para dosen dengan saling kunjung memberikan kuliah umum,” kata Dewi.

Dalam kesempatan itu, Dewi mengatakan, peluang budi daya tanaman obat seperti jahe, kunyit, dan temulawak masih sangat besar di pasaran. “Produksi tanaman obat itu penting untuk memenuhi berbagai keperluan, baik industri maupun rumah tangga,” katanya.

Sebelumnya, Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi Unisri melakukan sosialiaasi kecendekiawanan dengan topik pemberdayaan masyarakat berbasis pertanian terpadu dan bhakti sosial di Desa Karanglor Kecamatan Manyaran Wonogiri.

Untuk bhakti sosial, tim Fakultas Ekonomi membagikan 75 paket sembako untuk warga setempat. Sedang Fakultas Pertanian melakukan edukasi pemberdayaan masyarakat berbasis pertanian terpadu dengan menghadirkan mitra kerja alumni, yakni M Sodiq. Dalam kesempatan itu, Sodiq memaparkan budidaya jagung dan memanfaatkan brangkasan jagung sebagai pakan frementasi kambing.

Menurut Dewi, kerja sama bidang pertanian terpadu Fakultas Pertanian Unisri itu sebagai pendampingan bersama Yayasan Amal Mulia Insani Indonesia yang bergerak di bidang edukasi, development, dan produktifitas di sektor pertanian, perikanan, dan peternakan sebagai taman pendidikan. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *