Universitas Surakarta Tampilkan Komposisi Bentuk dan Sketsa di Solo Arch Fest 2020

JATENGONLINE, SOLOSolo Arch Fest 2020 acara perayaan arsitektur di kota Surakarta yang diadakan oleh IkatanArsitek Indonesia (IAI) Wilayah Surakarta bertujuan untuk semakin memasyarakatkan peran arsitek, serta memperluas pemahaman masyarakat terhadap desainarsitektur.

Rangkaian kegiatan digelar dari tanggal 14 – 23 Februari 2020 di Atrium The Park Mall, Solo Baru.Solo Arch Fest 2020 melibatkan berbagai pihak-pihak yang mengambil peran dalam kemajuan arsitektur di Surakarta.

Selain bekerja sama dengan IAI Jawa Tengah, juga kampus-kampus program studi Arsitektur se-Surakarta, diantaranya Arsitektur Universitas Sebelas Maret, ArsitekturUniversitas Muhammadiyah Surakarta, Arsitektur Universitas Tunas Pembangunan, serta Arsitektur Universitas Surakarta.

IAI Surakarta juga berkolaborasi dengan Indonesia’s Sketcher Sala yangmemiliki potensi untuk merekam visual kota Surakarta melalui sketsa-sketsa yang digoreskan. Sertabekerja sama dengan suplier bahan arsitektur Bahagia Glass Alumunium Interior, Himalaya Abadi,serta Allure Industries.

Kegiatan-kegiatan yang digelar dalam rangkaian Solo Arch Fest 2020 diantaranya adalah Architecture Exhibition (Gelar Karya Arsitektur) yang menampilkan karya-karya kontemporer arsitek profesional dari Surakarta, Architectural Talk (Presentasi Arsitektur), Pameran Karya-karya Sketsa dari Indonesia’s Sketcher Sala, Pameran Karya Mahasiswa dari Program Studi Arsitektur se-Surakarta, serta sesi Sketch Coaching Clinic.

Program Studi Arsitektur Universitas Surakarta (UNSA) juga berpartisipasi dalam kegiatan Solo ArchFest 2020 melalui Pameran Karya Mahasiswa.

Beberapa karya mahasiswa yang ditampilkan antaralain komposisi bentuk sebagai hasil pembelajaran mata kuliah Studio Perancangan Arsitektur 1 (SPA1), Nirmana Dwimatra sebagai hasil pembelajaran mata kuliah Estetika Bentuk 1, dan sketsa-sketsa bangunan dengan menggunakan pensil yang merupakan hasil pembelajaran mata kuliah Teknik Komunikasi Arsitektur 1 (TKA 1).

Selain itu, para mahasiswa tingkat akhir Program Studi Arsitektur Universitas Surakarta (UNSA) juga berpartisipasi menampilkan desain bangunan terbaik mereka sebagai hasil pembelajaran Studio Perancangan Arsitektur 7 (SPA 7). Seluruh rangkaian kegiatan pameran, dimulai dari tahap persiapan hingga pelaksanaan pameran dilakukan dari dan oleh mahasiswa Program Studi Arsitektur Universitas Surakarta (UNSA).

Selain berpartisipasi aktif dalam mengikuti Pameran Karya Mahasiswa, mahasiswa Program StudiArsitektur Universitas Surakarta (UNSA) juga terlibat aktif menjadi peserta dalam sesi Architectural Talk (Presentasi Arsitektur), dan Sketch Coaching Clinic. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *