UNIBA Solo-Polri-UT Gelar Webinar Songsong Era Generasi Muda Yang Santun dan Produktif

JATENGONLINE, SOLO Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta bekerjasama dengan Universitas Terbuka dan Polres Surakarta mengadakan kegiatan webinar dengan tema “Menyongsong Era Generasi Muda Yang Santun dan Produktif Melalui Pembinaan dan Konseling Terhadap Kenakalan Remaja”. Kamis (6/8/2020).

Kegiatan tersebut dilakukan secara daring dengan peserta sebanyak 516 yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dari Jawa, Sumatera, Sulawesi bahkan dari Luar Negeri yakni Taiwan.

“Membangun generasi muda yang santun dan produktif, memerlukan campur tangan dari beberapa pihak. Bimbingan konseling perlu dilakukan agar dapat memberikan arah bagi remaja yang mengalami masalah,” papar Dra Yulia selaku Direktur Universitas Terbuka.

Sedangkan Dr Ida Aryati selaku nara sumber dan penyelenggara webinar dari LP3M UNIBA Surakarta menyatakan, bahwa kenakalan remaja dipicu oleh kesalahan dalam menterjemahkan nilai-nilai kehidupan, situasi yang ada dalam keluarga dan lingkungan yang kurang kondusif.

Konsep nilai-nilai kehidupan ditumbuhkan dari awal melalui agama dan cultur budaya yang akan membentuk watak. Lingkungan baik dan buruk merupakan tantangan kepada remaja di masa global saat ini.

“Manajemen perilaku membentuk perilaku remaja melalui manajemen nilai, manajemen keluarga dan manajemen lingkungan,” imbuhnya.

Wisono, ST. M.Kom sebagai penggerak start up ristekdikti mengatakan, bahwa perlunya wadah remaja untuk mengembangkan kreativitas positif bagi mereka. “Kedepan kita ajarkan kewirausahaan yang banyak bermanfaat dan ikut andil dalam mengurangi kenakalan remaja,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolresta Surakarta Kombes Pol Andy Rifai menyampaikan, bahwa ada beberapa prinsip tentang perlindungan hukum bagi remaja bermasalah yang pada akhirnya bersifat pendekatan pembinaan dan konseling.

“Penambahan jumlah remaja yang bermasalah menjadi perhatian besar karena ada beberapa hambatan dalam menerapkan diversi, diantaranya budaya hukum masyarakat yang masih kurang mengenai keadilan restoratif yang berbasis musyawarah mufakat dan kecurigaan masyarakat terhadap penerapan diversi di kepolisian,” terangnya.

Webinar dengan tema mengatasi kenakalan remaja dan menjadikan generasi milenial yang santun bisa dimulai dari keluarga sendiri untuk selalu memberikan contoh bagi keluarga, setelah bisa dari dalam keluarga maka selanjutnya memberikan contoh di lingkungan.

Perlunya wadah remaja untuk mengembangkan kreatifitas positip bagi mereka untuk kedepan dengan mengajarkan kewirausahaan yang banyak bermanfaat dan ikut andil dalam mengurangi kenakalan remaja.

Webinar pemperhati Generasi Muda dengan Tema “Menyongsong Generasi Muda yang Santun dan Produktif Melalui Pembinaan dan Konseling Terhadap Kenakalan Remaja” menghadirkan narasumber:

  1. Kombes Pol Andy Rifai, S.I.K.,M.H (Kapolresta Surakarta)
  2. Dra. Yulia Budiwati, M.Si (Direktur Universitas Terbuka Surakarta)
  3. Wisono, ST.,M.Kom ( Pengerak Strat-Up Ristek Dikti)
  4. Dr. Ida Aryati Dyah PW.,SE.,M.H.,M.Si (Ketua LP3M UNIBA Surakarta)
    Moderator Dika Yudanto, SH.,MH (Dosen Fakultas Hukum UNIBA Surakarta). (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *