PD BPR Djoko Tingkir Sragen Support Pembiayaan Program Internet Desa

Direktur Utama PD BPR DJOKO TINGKIR, Titon Darmasto, SH (kanan) didampingi Direktur Fungsi Kepatuhan, Endang Hestiningsih, SE, MM

JATENGONLINE, SRAGEN – PD BPR Djoko Tingkir merupakan bank yang seratus persen kepemilikannya dimiliki oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen, berkomitmen aktif menggerakkan sektor riil dan potensi ekonomi masyarakat desa serta UMKM.

Salah satu wujudnya adalah melakukan pembinaan, pendampingan dalam bidang pembukuan, manajemen dan pemasaran produk UMKM, demikian diungkapkan Direktur Utama PD BPR Djoko Tingkir, Titon Darmasto, SH, di ruang kerjanya, Kamis sore (22/4/2021) kepada media.

“Salah satu program kami akan turut mensupport UMKM binaan kami di Night Market Sukowati yang diselenggarakan oleh Pemkab Sragen besok hari Sabtu. Ada sekitar 100 UMKM yang akan menjual produk dan 28 diantara adalah UMKM binaan kami,” ungkapnya, didampingi Direktur Fungsi Kepatuhan, Endang Hestiningsih, SE, MM.

Lebih lanjut, Titon Darmasto, mengungkapkan UMKM binaan BPR Djoko Tingkir, memiliki beragam usaha diantaranya kuliner, fashion handy craft, dengan support pembiayaan melalui Kredit Adil dengan plafon maksimal 3 juta.

“Kami berharap penyaluran kredit yang dibarengi pembinaan dan pendampingan ini bisa turut serta membangkitkan UMKM di Kabupaten Sragen. Bila sektor riil bangkit maka akan membangkitkan pula sektor lainnya,” tandasnya.

Tidak hanya itu, PD BPR Djoko Tingkir, juga mensupport program internet masuk desa yang merupakan program unggulan dari Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Sragen.

Program ini bertujuan membantu masyarakat desa bisa mengakses internet secara murah, mudah dan cepat, sehingga bisa mendukung dan membantu proses pembelajaran para siswa dan mahasiswa yang belajar secara daring, serta sangat membantu memperlancar masyarakat desa dalam menjalankan usaha secara online.

“Sejak bulan Pebruari kami sudah merealisasikan program internet masuk desa melalui program channeling pembiayaan melalui BUMDES desa Tanggan, kecamatan Gesi. Tercatat ada 30 pelanggan dengan total pembiayaan 45 juta. Menyusul desa Ngargotirto, kecamatan Sumberlawang, warga desa sangat antusias untuk bisa menikmati akses internet, sampai hari ini sudah tercatat 245 warga yang mengikuti program internet masuk desa, dana yang kami gulirkan ke BUMDES 245 juta ” paparnya.

Program internet masuk desa, merupakan salah satu program unggulan pemberdayaan desa PD BPR Djoko Tingkir,

“Warga yang berlangganan tidak dikenakan biaya pemasangan alias gratis. Mereka tiap bulan hanya membayar langganan sekitar 150 ribu, biaya murah dan terjangkau. Program ini akan dilaunching oleh Ibu Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, besok Senin depan, ” urainya.

Titon Darmasto, menambahkan desa-desa diwilayah Sragen akan segera mengikuti, seperti desa Sri Mulya, Ngargosari. Langkah yang diambil BPR Djoko Tingkir ini juga mendapat perhatian dari OJK.

“OJK tertarik dengan program BPR Djoko Tingkir Sragen terkait program pemberdayaan masyarakat desa melalui Internet Milik Desa, sehingga OJK apabila tidak berhalangan waktunya akan turut menghadiri acara launching Internet Milik Desa pada Senin mendatang di desa Ngargotirto, Sumberlawang, Sragen,” pungkasnya (arn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *