Kusumo: Ramadhan Bulan Peduli dan Berbagi

JATENGONLINE, SOLO – Datangnya bulan ramadan selalu dinantikan umat Islam, bisa dibilang bulan ramadan merupakan bulan yang penuh berkah di mana semua orang berlomba-lomba melakukan kebaikan. Meski singkat, amalan yang akan didapat bila dilakukan di bulan mulia ini sangatlah istimewa.

Amalan ramadan yang sesuai dengan pesan Rasulullah patut untuk diteladani seluruh umat islam. Setidaknya, dengan meniru kebiasaan beribadah Rasulullah, bisa membuat seseorang lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Amalan yang biasa dilakukan di bulan Ramadan tentunya memiliki keistimewaan tersendiri. Apalagi setiap amalan di bulan puasa ini menyediakan berkah dan pahala yang berlipat ganda dibandingkan dengan pahala di hari hari lainnya,” ujar BRM.Kusumo Putro SH.MH.Tokoh Pemuda pegiat berbagai kegiatan sosial kemasyaratan di Solo Raya. Senin (3/5/2021)

Maka dari itu, lanjutnya, bagi umat muslim jangan sampai melewatkan momen di bulan yang mulia ini, bulan yang penuh dengan ampunan dan kesempatan terbaik untuk melaksanakan amalan baik.

Sebagaimana ajaran Rasulullah, merupakan orang yang paling dermawan diantara manusia lainnya. Oleh sebab itu, sudah semestinya sebagai umat Muslim untuk mencontoh beliau di bulan yang penuh barakah ini. Caranya dengan perbanyak sedekah, baik untuk kaum dhuafa, fakir miskin, dan orang yang membutuhkan.

Nah, salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan selama Ramadhan ini adalah dengan memberikan takjil ataupun ifthar (hidangan berbuka puasa) kepada orang-orang yang berpuasa.

Selain beribadah dan bersedekah amalan ramadan berikutnya adalah bersikap saling peduli terhadap sesama karena sesungguhnya keutamaan bulan ramadan adalah berbagi dengan sesama.

BRM. Kusumo Putro, SH., MH – Praktisi Hukum Anggota Peradi Solo

Bulan Ramadhan adalah bulan peduli. Pada bulan ini kita secara pribadi harus memperhatikan saudara dan tetangga kita yang kekurangan.

“Kita jangan sampai menutup mata dan cuek dengan keadaan sekitar. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan Rahmat serta Ampunan, oleh sebab itu, banyak kegiatan sosial keagamaan di lakukan oleh umat Muslim, dengan harapan memperoleh kemuliaan berkah dunia dan akhirat dari pahala bulan suci Ramadhan,” terang praktisi hukum anggota Peradi Solo ini.

Di Indonesia, bulan Ramadhan tidak hanya di isi dengan berbagai kegiatan di Masjid , Mushola dan Langgar, tetapi masyarakat juga banyak yang menggelar kegiatan sosial dalam rangka mencari berkah kemulian di bulan penuh Ramadhan.

“Pembagian takjil untuk berbuka puasa adalàh salah satu cara masyarakat dalam rangka berbagi kepada sesama, serta mencari berkah kemuliaan bulan suci Ramadhan,” katanya lagi.

Kegiatan berbagai takjil, menurutnya, merupakan salah satu cara memperoleh berkah dan rahmat dari Allah SWT, apalagi di lakukan di bulan suci ramadhan, Allah akan melipat gandakan pahalanya.

“Sebagai seorang muslim, berbagi dengan sesama merupakan kewajiban yang harus kita jalankan, apalagi kepada warga yang kurang mampu,” imbuh pengacara yang kini tengah menyelesaikan program doktoral hukumnya di salah satu perguruan tinggi terkenal di Semarang.

Seorang muslim digalakkan dan disunnahkan untuk berinfaq dan bersedekah di bulan Ramadan, bahkan diwajibkan untuk membayar zakat fitrah untuk mereka. Dari sisi ekonomi bulan Ramadhan juga memberikan berkah bagi para pedagang dan lainnya.

Sedangkan bagi fakir miskin dan kaum dhuafa, Ramadan membawa keberkahan tersendiri. “Marilah kita selalu peduli dan berbagi, karena dengan Peduli dan Berbagi terhadap sesama tidak akan membuat kita menjadi miskin,” pungkasnya.

Mengingat berbagai keutamaan Ramadhan tersebut di atas, maka sangat disayangkan bila Ramadhan datang dan berlalu meninggalkan kita begitu saja, tanpa ada usaha maksimal dari kita untuk meraihnya dengan melakukan berbagai ibadah dan amal shalih. Semoga ramadhan tahun ini akan lebih baik dalam hal amalan ibadah daripada tahun-tahun sebelumnya. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *