Ericsson Luncurkan Radio Tiga-Sektor Untuk Pembaruan Situs Serta Peningkatan Kapasitas Secara Efisien

JATENGONLINE, JAKARTA – Ericsson terus mengembangkan rangkaian produk dan solusi radio untuk menyederhanakan pembaruan situs dan peningkatan kapasitas para penyedia layanan komunikasi dalam menjalankan strategi evolusi jaringan mereka.

Ericsson meluncurkan Radio 6626, radio pita ganda tiga-sektor unik, untuk membantu para penyedia layanan meningkatkan kapasitas Frequency Division Duplex (FDD) 5G meskipun menara mereka sudah memiliki jaringan 2G, 3G, dan 4G.

Penambahan terbaru pada portofolio radio Ericsson menyediakan jangkauan multi-standar dan multi-band sekaligus menurunkan biaya serta mengurangi jejak konsumsi energi hingga 50 persen lebih rendah.

Radio 6626 pita ganda tiga-sektor menggabungkan dua frekuensi dan enam port dalam satu unit. Hal tersebut memungkinkan satu radio menyediakan daya untuk tiga sektor di satu menara. Radio 6T6R mendukung standar seluler 2G hingga 5G.

Radio 6626 tersedia dalam versi pita ganda 900 MHZ dan 800 MHZ serta pita ganda 1800 MHZ dan 2100 MHZ, yang memberikan dukungan tambahan kepada penyedia layanan untuk meningkatkan kapasitas, dan bersamaan, mengatasi tantangan terkait biaya.

Didukung oleh Ericsson Silicon, Ericsson Radio 6626 hanya memiliki berat kurang dari 45kg dan dapat memberikan daya sebesar 720W.

Ericsson juga meluncurkan Voltage Booster 6640, yang dapat meminimalkan kebutuhan untuk kabel baru. Produk ini meningkatkan kapasitas daya ke radio hingga 50 persen kendati menggunakan kembali kabel yang ada. Dengan menambahkan Ericsson Voltage Booster 6640 ketimbang mengganti kabel, penyedia layanan dapat menghemat biaya hardware dan pemasangan hingga 70 persen.

Layanan/Produk end-to-end termasuk:
Base-band 6631: RAN Compute multi standar terbaru untuk menara yang mengoperasikan beragam teknologi, dari 2G hingga 5G.

MINI-LINK 6352 berbasis gelombang mikro, yang menambah hingga 10Gbps dengan E-band, digabungkan dengan radio gelombang mikro yang ada. Desain booster multi-band meningkatkan kapasitas backhaul zero footprint serta mengurangi OPEX.

Produk baru ini melengkapi portofolio ultra-light Massive MIMO dan RAN Compute, yang baru-baru ini diluncurkan, yang bertujuan untuk memudahkan penyedia layanan dalam meluncurkan layanan 5G komersial.

Head Product Line Radio, Ericsson, David Hammarwall mengatakan, jika radio pita ganda tiga-sektor baru menawarkan kesempatan bagi penyedia layanan komunikasi untuk mengurangi radio footprint dan waktu pemasangan yang diperlukan di lokasi secara signifikan.

“Produk ini menurunkan jumlah total konsumsi daya hingga 50 persen. Inovasi ini akan membantu pelanggan kami dalam meningkatkan kapasitas dan semakin mempercepat cakupan 5G dengan pita FDD, yang kini tersedia secara luas,” kata David.

Sementara, Country Head Ericsson Indonesia, Jerry Soper mengatakan, Ericsson terus berupaya untuk mendukung penyedia layanan komunikasi dalam meningkatkan efisiensi biaya dengan menghadirkan beragam produk dan solusi mutakhir.

“Diluncurkannya Radio 6626, kami terus memperkuat portofolio produk bagi pelanggan di Indonesia. Pun peluncuran ini menjadi sangat relevan karena para penyedia layanan komunikasi Indonesia tengah bersiap untuk menerapkan 5G dalam waktu dekat,” pungkasnya. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *