Hindari Klaster Baru, Solo Bersama Selamanya 2021 Gunakan Teknik Ini Bagikan 9.000 Paket Sembako

Salah satu Koordinator Solo Bersama Selamanya (SBS) 2021 S. Haryanto Gareng, berfoto bersama Walikota Solo Gibran Rakabuming, usai penyerahan paket sembako di loji Gandrung. Kamis (6/5/2021)

JATENGONLINE, SOLOSolo Bersama Selamanya (SBS) kembali melanjutkan agenda sosial tahunannya yakni membagikan ribuan sembako bagi masyarakat kota Solo yang kurang mampu setiap menjelang Lebaran. Sebelumnya vakum di tahun 2020 akibat pandemi, tahun 2021 ini Panitia SBS kembali membagikan sembako dengan teknis pembagian yang berbeda dengan tahun-tahun lalu.

Panitia SBS secara simbolis menyerahkan paket sembako untuk warga masyarakat Solo yang kurang mampu, diterima oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming di Loji Gandrung, Kamis (6/5/2021).

“Masih masa pandemi, tahun ini tidak bisa menyediakan terlalu banyak seperti sebelumnya. Dari target 6 ribu paket, panitia telah berjuang keras sehingga terkumpul 9 ribu paket. Semoga bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan,” papar Gareng S Haryanto, Koordinator SBS 2021 dalam sambutannya.

Paket sembako ini nantinya tidak dibagikan secara langsung di lapangan seperti tahun-tahun sebelumnya, lanjut Gareng, tapi paket diserahkan pada masyarakat lewat kecamatan.

“Total ada 628 RW, masing-masing RW mendapat kurang lebih 13 KK. Kita sudah ada data dari RW untuk KK yang membutuhkan. Supaya aman dan tidak berkerumun kita serahkan satu persatu,” imbuhnya.

Dikesempatan yang sama, Koordinator SBS 2021 yang lain, Sumartono Hadinoto menambahkan, jika dalam situasi pandemi panitia riskan untuk mencari donatur seperti tahun sebelumnya. Tahun ini Panitia SBS melibatkan UMKM, untuk menggerakkan laju ekonomi UKM. Karena, salah satu isi dari paket ini merupakan produk UMKM.

“Sedikitnya ada 200 an UMKM yang kita gandeng, agar mereka juga bisa jalan. Kedepannya semoga lebih meriah, dan banyak memberi support bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata Sumartono.

Sementara Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, usai menyerahkan paket sembako pada masing-masing kecamatan, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kepedulian SBS yang tetap memberikan bantuan meskipun masih dalam kondisi pandemi.

“Kami menerima 9 ribuan paket sembako, menjelang Hari Raya, partisipasi ini semoga bisa meringankan beban warga Solo. Satu hal yang saya suka adalah bantuan ini melibatkan UMKM sehingga UMKM juga ikut dilarisi,” Gibran mengakhiri sambutannya.

Teknik pembagian paket sembako SBS tahun ini bekerja sama dengan Pemkot dan berkoordinasi dengan kecamatan dan kelurahan, dari panitia langsung yang memberikan kepada warga, agar tidak terjadi kerumunan, seperti sebelumnya yang rutin dibagikan di Lapangan Kota Barat.

Secara simbolis Panitia SBS menyerahkan kepada Wali Kota di Rumah Dinas Loji Gandrung, Kamis (6/5/2021), diberikan kepada 5 Camat. Pembagian langsung ke warga melalui Kelurahan pada tanggal 8-9 Mei 2021.

Seperti diketahui, SBS terakhir melakukan pembagian ditahun 2019 sebanyak 12 ribu paket sembako, tahun 2020 karena pandemi sedang gawat-gawatnya, tidak mengadakan pembagian. Tahun ini kembali berbagi, namun paket sembako berkurang karena pandemi. Teknis pembagiannya juga beda, menjaga jangan sampai ada kerumunan dan ada klaster baru. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *