Kompetisi Pelajar #Cari_Aman di Jawa Tengah Sudah Dimulai

JATENGONLINE, SEMARANG – “Pandemi Kami Tetap Peduli Keselamatan” itulah tema yang diangkat dalam kompetisi tahunan para pelajar binaan Safety Riding Astra Honda Jateng dalam hal keselamatan berlalu lintas. Kompetisi yang dijalankan rutin tiap tahun oleh Astra Motor Jateng selaku Pencetus Sekolah Safety Riding Mandiri (SSRM) Jawa Tengah telah menjadi asset yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, terbukti setiap kompetisinya selalu diikuti oleh ratusan pelajar SMK Jawa Tengah dengan antusias.

Suko Edi, Instruktur Astra Motor Jateng, mengatakan kompetisi tahunan ketrampilan berkendara individu yang diadakan ini meliputi perihal teknik pengereman yang benar, menjaga keseimbangan berkendara, sampai dengan beradu skill dan kecepatan dalam lintasan Slalom Course yang menjadi menu wajib untuk diikuti oleh para agen keselamatan berlalu lintas sekolah binaan.

“Kami juga mengadakan kompetisi safety riding antar sekolah binaan dengan kategori kelompok pada Jambore Safety Riding Jawa Tengah. Tentunya lomba tersebut sangat komplit dan berfokus pada K3 Industri yakni Keselamatan dan Kesehatan Kerja di lingkungan sekolah,” jelas Suko Edi.

Meskipun kompetisi tahunan ini sempat terhenti karena adanya pandemic Covid19, berjalannya waktu, team Safety Riding Astra Motor Jateng terus berusaha mencari konsep kompetisi yang bisa dijalankan secara online namun tetap efektif dan tetap dapat bermanfaat bagi masyarakat banyak. Gerakan Pandemi Kami Tetap Peduli Keselamatan menjadi momen awal Komunitas Keselamatan Sekolah (KKS) untuk aktif lagi dalam mengedukasi keselamatan berkendara baik ke internal sekolah maupun ke eksternal sekolah.

Burhan, selaku Pembina Safety Riding SMKN 1 Bancak, menyebut bahwa kompetisi online ini sangat bagus bagi anak – anak KKS karena menuntut mereka untuk belajar terkait keselamatan berkendara, berpikir membuat video kreatif, dan berpartisipasi langsung untuk menyampaikan edukasi Safety Riding melalui video tentang budaya keselamatan dijalan dan berkendara tanpa menggunakan gadget kepada masyarakat luas.

Beberapa poin yang akan dinilai dalam kompetisi ini adalah kemampuan anak – anak dalam menjelaskan projectnya secara online didepan juri, banyaknyamasyarakat yang teredukasi dengan karya mereka, dan pastinya efektivitas pemakaian Social Media seperti Instagram feed, Story, IGTV, Whatsapp, Youtube, Facebook, dan lain sebagainya.

Salah satu peserta kompetisi Best SSRM, Rizky, mengatakan sangat bersemangat dalam pembuatan video karena ada banyak hal yang dapat dipelajari dan bangga berpartisipasi dalam meningkatkan keamanan berkendara bagi masyarakat.

“Kompetisi ini sangat menarik karena dalam pembuatan project video, setiap peserta harus melalui proses mencari masalah yang ada disekolah tentang keselamatan berkendara, mencari bagaimana solusinya, menentukan target banyaknya masyarakat yang terbantu dan ter-edukasi, hingga bagaimana cara meyakinkan juri dalam presentasi project dan membuktikan dampak dari project tersebut, ” ucap Rizky.

Cari_Aman menjadi slogan ajakan keselamatan buat kaum muda sehingga Astra Motor Jawa Tengah senantiasa berkreasi dan berinovasi dalam sosialisasinya ke kalangan anak muda bangsa, salah satunya melalui kegiatan yang mengajak peran aktif pelajar sebagai pelaku utama dari #Cari_aman agar hal penting ini dapat menjadi kebutuhan dan gaya hidup kawula muda saat berkendara di negeri tercinta kita, Indonesia. (ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *