Astra Motor Jateng Ajarkan Safety Riding Special Bagi Konsumen Honda Big Bike Jateng

JATENGONLINE, SEMARANG – Mengusung tema “#Cari_Aman dan Prediksi Bahaya dalam Mengendarai Motor Big Bike”, Astra Motor Jateng memberikan Workshop Safety Riding special bagi 18 konsumen Honda Big Bike Jateng yang diadakan secara virtual pada hari Jumat (26/11/21) kemarin.

Chacha Herdianto selaku Big Bike Manager Astra Motor Jateng menyebutkan bahwa topik Safety Riding merupakan workshop yang dinanti – nanti dan sangat penting untuk dibagikan khususnya bagi pengguna Honda Big Bike karena sering melakukan touring atau perjalanan jauh dengan motor favoritenya ini.

“Workshop ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami kepada konsumen Honda Big Bike Jateng, karena dalam mengendarai motor besar bukan hanya perlu skill yang tinggi, tetapi juga kewaspadaan dalam memprediksi bahaya agar keselamatan berkendara itu dapat tercapai,” ungkap Chacha.

Pada workshop Safety Riding ini, para peserta diminta untuk mengisi Quiziz terlebih dahulu terkait pengetahuan dasar aman berkendara Big Bike untuk mengetahui sejauh mana pemahaman topik Safety Riding ini dipahami oleh setiap peserta.

Disampaikan langsung oleh Instruktur Safety Riding Jawa Tengah, Alfian Dian Pradana bahwa ada 3 faktor penyebab kecelakaan mulai dari manusia, kendaraan, dan juga lingkungan, namun yang paling mendominasi adalah 90% berasal dari faktor manusia yang terdiri dari kurangnya pengetahuan, kurang terampil, tidak dalam kondisi sehat atau fit, emosi tidak stabil dan lemahnya etika.

Motor besar sendiri memerlukan ketrampilan lebih mahir untuk mengendarainya dibandingkan dengan motor biasa yang cc-nya jauh lebih rendah, sehingga ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki mulai dari kemampuan keseimbangan, pengereman, menikung dengan postur motor yang dimensi lebih besar dan bobot yang berbeda.

Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah, Oke Desiyanto juga menambahkan materi terkait pentingnya kemampuan mengelola resiko saat berkendara yang sebenarnya dapat dipelajari dengan mengenal kategori bahaya sehingga meningkatkan level kepekaan pengendara terhadap bahaya.

Mempredikasi bakal apa yang terjadi dari situasi dan kondisi yang ada agar bisa memperkirakan bahaya yang bakal terjadi akan tentunya akan membuat pengendara sedari awal bisa mencari aman dan tidak berada dalam situasi menghindar atau nyaris kecelakaan. Pengendara yang memiliki sensivitas tinggi terhadap bahaya akan memiliki potensi keselamatan lebih tinggi karena akan memiliki respon pengambilan keputusan lebih responsif dan tepat.

Menjelang akhir acara, antusiasme setiap peserta belumlah padam, terbukti dari diskusi yang dilakukan dengan instruktur Astra Motor Jateng berlangsung dengan seru dan banyaknya peserta yang berhasil mendapatkan nilai sempurna pada Quiziz setelah pemberian materi Workshop ini.

“Terima kasih sekali masukannya dari Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng. Kami yang sehari – hari naik motor dan masih awam dengan cari aman sangat terbantu dengan adanya masukan Safety Riding yang bermanfaat ini, semoga masukan ini dapat menjadi pedoman kami dalam mencapai keselamatan berkendara,” tutup Iwan, salah satu konsumen Honda Rebel di Jawa Tengah. (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *