Eks. Grha Wisata Niaga Bisa Jadi Gedung Kesenian Solo

JATENGONLINE, SOLO – Ada bekas gedung pertemuan berlabel Grha Wisata Niaga, lokasinya berada di kawasan Sriwedari dan berdiri megah tepat berada disamping Museum Radya Pustaka, adalah merupakan museum pertama di Indonesia.

Bangunan Grha Wisata Niaga rencananya akan diratakan dengan tanah alias dirobohkan. Tokoh Masyarakat dan Peduli Budaya Dr. BRM Kusumo Putro, SH., MH sangat menyesalkan, jika hal itu benar dilakukan.

Disampaikannya, meskipun Kota Solo dijuluki dan menyandang sebagai kota seni dan budaya, namun hingga kini tidak mempunyai Gedung Kesenian, maka sebaiknya Pemkot Kota Solo tidak merobohkan gedung tersebut, akan tetapi bisa dilakukan renovasi, selanjutnya bisa digunakan sebagai Gedung Kesenian Kota Solo.

“Bekas Gedung Pertemua Grha Wisata Niaga saat ini kondisi gedungnya masih sangat bagus, megah dan kokoh sehingga masih sangat layak dipakai untuk gedubg kesenian,” papar Kusumo. Minggu (31/7/2022)

Selain gedung tersebut berlantai dua dan luas bangunannya sangat besar, serta memiliki lahan parkir yang cukup luas dan memenuhi syarat sebagai lahan parkir.

Terlebih gedung tersebut lokasinya sangat strategis dan berada ditengah Kota Solo serta berada di Jalanan Kota Solo, yakni di pinggir Jalan Slamet Riyadi.

Kusumo Putro yang juga sebagai Ketua Yayasan Forum Budaya Mataram, memberikan masukan kepada Pemkot Kota Solo. Jika kedepan membangun Gedung Kesenian Baru yang menelan biaya milyar-an lebih baik memanfaatkan bekas Gedung Pertemuan Grha Wisata Niaga.

“Nantinya gedung kesenian tersebut bisa digunakan oleh para pelaku seni dan budaya warga Kota Solo sebagai tempat berkegiatan budaya, berkesenian dan berkreasi,” pungkas Kusumo.

Seperti diberitakan sebelumnya, Foksri mendesak Pemkot Solo segera merevitalisasi kawasan Sriwedari karena kondisi bangunan di lahan tersebut sudah banyak yang rusak. Di sisi lain, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan menunggu proses hukum sengketa lahan itu selesai baru melakukan revitalisasi. (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.