KKN UNISRI Kelompok 4 Desa Karangrejo Gelar Pengajaran tentang Peningkatan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar.

JATENGONLINE, KARANGANYAR – Dalam rangka Meningkatkan pemahaman nilai pancasila pada anak sekolah dasar, Kuliah Kerja Nyata Tematik-Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT-MBKM) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Kelompok 4 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Fx. Hastowo Broto Laksito SH. MH, melaksanakan KKN di desa Karangrejo, Kerjo, Karanganyar tepatnya di SDN 1 KARANGREJO menyelenggarakan Pengajaran Nilai Pancasila di Sekolah Dasar.

“Pengajaran diikuti 16 siswa kelas 4 SD Negeri 1 Karangrejo, pada hari Kamis, 4 Agustus 2022 kemarin,” demikian diungkapkan pelaksana kegiatan Alfin Solikah (4/8/2022).

Latar belakang pengajaran nilai pancasila di sekolah yaitu untuk meningkatkan pemahaman nilai pancasila serta penerapannya di sekolah, didasari rendahnya kesadaran penerapan nilai pancasila oleh anak.

“Masalah yang terjadi saat ini yaitu minimnya materi nilai pancasila, moral, jati diri bangsa pada mata pelajaran PKn, sehingga menimbulkan ketidaktahuannya anak-anak Indonesia tentang jati diri bangsanya seperti saling menghargai, tenggang rasa, nilai-nilai dan lainnya yang berkaitan dengan Pancasila,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Alfin Solikah, melalui program kerja ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar anak-anak dan kami sebagai mahasiswa untuk mengabdi pada masyarakat dan menambah pengalaman proses belajar mengajar. (fin/ian) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.