Inovasi Digital dan Teknologi, Potensial Dikembangkan Anak Bangsa

JATENGONLINE, SOLO – Inspire Youth Expo (IYE) merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga RI yang dikolaborasikan bersama Nanotech Development Center & Consultant. IYE dilaksanakan di Stadion Manahan, Solo.

IYE ini bertujuan untuk mempertajam semangat para pemuda yang berbakat di berbagai bidang, terutama bidang digital dan teknologi, membangun eksistensi pemuda Indonesia di kancah Nasional dan Internasional, memotivasi pemuda Indonesia untuk meningkatkan potensi, kreativitas dan inovasi dalam membangun wawasan yang berorientasi kepada ilmu pengetahuan dan tekhnologi (IPTEK.

Sebagai pintu masuk pengembangan potensi pemuda Indonesia di era globalisasi. Kegiatan IYE antara lain yaitu Sportech Expo Inovatalk Youth Digital, Cosplay Fun Bike, Inovatalk Youth Sharing, Mini Orchestra.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI mempunyai pendekatan dan strategi berbeda untuk menginspirasi anak muda agar siap berkarya dalam kebangkitan teknologi di Indonesia. Gelaran IYE berkolaborasi dengan Nanotech Development Center & Consultant yang diselenggarakan di Stadion Manahan, Solo, selama 30 Juli hingga 6 Agustus 2022.

Kegiatan Inovatalk Youth Digital merupakan salah satu rangkaian event IYE. Dengan menghadirkan pembicara yang berkompeten dibidangnya yaitu Kurniawan Eko Saputro, Start Up Digital dan Prof. Nurul Taufiqu Rochman, selaku Technopreneurs.

Dalam paparannya Prof. Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng., Ph.D., mengatakan, bahwa kaum muda Indonesia dengan segala kreativitasnya hadir untuk membuktikan bahwa Indonesia telah siap mengendalikan dunia atau sebagai pendorong Indonesia menuju kejayaan.

“Dimana pada tahun 2045 Indonesia bakal menjadi negara dengan perekonomian terkuat di dunia,” tegasnya.

Selaku Technopreneurs dalam Inovatalk Youth Digital yang jadi rangkaian Inspire Youth Expo 2022. Jumat(5/8/2022, memberikan inspirasi sekaligus masukan kepada kalangan milenial, tentang bagaimana membuat start up berbasis teknologi.

Kemenpora sangat aktif memberikan dukungan kepada para pemuda dan meng-insert teknologi didalam aktivitasnya. Khususnya untuk membangun backbone perekonomian Indonesia.

“Sentuhan teknologi yang dilahirkan oleh kalangan anak muda menjadi tulangpunggung menuju kejayaan Indonesia,” ujarnya.

Sementara bukti konkrit peranan pemuda di dalam mengisi dan menuju kejayaan Indonesia, dengan adanya kreativitas dan memanfaatkan kekayaan alam lokal Indonesia. Seperti pewarna alam yang diambil dari tumbuhan, yang kemudian bisa diproduksi sendiri, bahkan bisa dijual, selain menekan cost juga bernilai jual tinggi. Dan, kegiatan IYE diharapkan menjadi pintu masuk untuk pengembangan potensi pemuda Indonesia di era globalisasi. (*/ian)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.