Profesor Sutoyo, Guru Besar Pertama Produk Asli Unisri

JATENGONLINE, SOLO – Sejak 41 tahun lalu berdiri dan beroperasi, baru tahun ini Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta mempunyai profesor/ guru besar yang merupakan produk sendiri Unisri.

Selama ini memang ada guru besar di Unisri Surakarta, namun profesor itu dari luar/ perguruan tinggi lain yang ditugaskan atau bertugas di Unisri.

Adalah Prof. Dr. Sutoyo M. Pd, dosen yang meraih gelar profesor dan guru besar pertama dan produk asli Unisri Surakarta. Prof. Dr. Sutoyo M. Pd. dikukuhkan sebagai guru besar bidang ilmu pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam sidang senat terbuka Universitas Slamet Riyadi Surakarta.

Dalam sidang terbuka pengukuhan guru besar di kampus setempat, Sabtu (6/8/2022), Prof. Dr. Sutoyo M. Pd menyampaikan pidato berjudul : Merawat Kebhinekaan Nusantara Sebagai Upaya Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia Bernasis Nilai-nilai Pancasila Di Era Digital.

“Semoga jabatan guru besar yang diamanahkan pada saya ini dapat saya laksanakan sebaik-baiknya dan semoga membawa berkah pada saya, keluarga, masyarakat, dan kemajuan Universitas Slamet Riyadi,” kata Prof Sutoyo.

Sutoyo yang lahir 1 Februari 1963 mengawali karir di dunia pendidikan sebagai dosen PMP-Kn di Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Slamet Riyadi Surakata, selepas lulus S1.

Tahun 1996-1998 menjabat sekretaris Prodi PPKn FKIP Unisri dan sebagai Kaprodi di tahun 1998-2006. Tahun 2006 menjabat wakil Dekan FKIP dan dua tahun kemudian, 2008, menjabat Dekan FKIP, hingga 2014.

Karir bapak dua anak itu terus melesat hingga akhirnya tahun 2014 ditugasi sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, selama dua periode hingga sekarang. (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.