Pentingnya Plakat Petunjuk Arah Menuju ‘Cemoro Pitu’ Dayu, Gondangrejo

JATENGONLINE, KARANGANYAR –  KKN UNISRI Tahun 2022 yang mengusung tema ‘UNISRI Berkontribusi Dalam Kebangkitan Pasca Pandemi’, dilaksanakan mulai tanggal 25 Juli 2022 hingga 31 Agustus 2020.

KKN Kelompok 25 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Irvia Resti Puyanda, telah memiliki berbagai program kerja salah satunya adalah menambahkan plakat petunjuk arah menuju cemoro Pitu (7) Dayu, Gondangrejo untuk menambah pengunjung.

Melihat dari potensi Desa Dayu yang kurang memiliki pengalaman dalam mengelola potensi wilayah, maka dengan adanya kegiatan KKN-T UUNISRI ini bisa memberikan motivasi kepada masyarakat di Desa, dapat membuat lapangan pekerjaan baru untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di Desa Dayu.

Program ini dilakukan guna meningkatkan wisatawan lokal, karena Cemoro Pitu (7) merupakan tempat yang berpotensi menjadi daya tarik wisatawan, karena memiliki pemandangan yang menarik dikala senja.

Pemasangan plakat ini dilaksanakan pada hari Rabu, 5 Agustus 2022. Plang ini dipasangkan sekitar ±50 meter sebelum menuju ke kawasan Cemoro Pitu (7). Ide kegiatan ini di inisiasi oleh Zaim Abid Nurwidyatama. Salah satu mahasiswa program studi manajemen angkatan 2019.

Menurut Zaim, ide awal adanya pemasangan plakat ini dengan melihat minimnya pemberdayaan wilayah di sekitar lokasi yang seharusnya bisa menjadi potensi besar untuk mendatangkan wisatawan lokal dan juga menambah pemasukan warga di sekitar lokasi Cemoro Pitu (7).

Berbekal dengan pengamatan inilah, kemudian Zaim mencoba mengimplementasikan kegiatan pemasangan plakat ini bertujuan untuk memudahkan khususnya wisatawan yang akan berkunjung ke Cemoro Pitu (7).

Dalam pelaksanaannya, Zaim dibantu oleh teman teman KKN Kelompok 25. Bentuk kerja sama ini diharapkan dapat memotivasi warga sekitar dan karangtaruna untuk dapat bekerja sama ketika melaksanakan kegiatan pemberdayaan potensi wilayah khususnya dusun Dayu, Gondangrejo, Karanganyar.

Dengan melihat potensi wisata di wilayah tersebut, Saya (Zaim) menemukan ide untuk membuat plakat di jalan menuju ke arah Cemoro Pitu (7). (aim/ian) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.