KKNT MBKM UNISRI Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Pembuatan Kolase dari Daun Kering di SD Negeri 01 Tamansari, Kerjo, Karanganyar

JATENGONLINE, KARANGANYAR – Mahasiswa KKN Tematik Universitas Slamet Riyadi Surakarta dengan tema Berkontribusi Dalam Kebangkitan Pasca Pandemi dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2022 sampai dengan 31 Agustus 2022. Dari kelompok 09 yang ditempatkan di Desa Tamansari, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Mukhlis Mustofa, S. Pd., M. Pd

Dalam rangka meningkatkan kreativitas peserta didik tentang seni rupa kolase melalui daun kering. Program kerja yang dibuat oleh Mariana Juni Indah Sundari salah satu peserta KKN Tematik Unisri berupa meningkatkan dan mengasah kreativitas anak melalui kolase dari daun.

Beberapa peserta didik di SD Negeri 01 Tamansari dengan sasaran kelas 1 yang diikuti oleh 17 peserta didik ikut serta dalam kegiatan asah kreativitas. Melalui kegiatan tersebut dapat mengajarkan anak-anak dalam membuat prakarya kolase menggunakan daun kering.

Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal Kamis, 04 Agustus 2022, bertempat di SD Negeri 01 Tamansari. Dan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Ide untuk membuat prakarya dengan daun kering yang berjatuhan dan berserakan di lingkungan sekolah.

“Daun kering yang telah berjatuhan dan berserakan kemudian dapat dimanfaatkan dengan kreativitas yang dimiliki. Misalnya dari bahan tersebut dibentuk ikan dan kreativitas lainnya.” ujar Mariana Juni Indah Sundari.

Alasan mengggunakan daun kering, menurutnya, karena untuk meningkatkan keingintahuan dan memberikan pelajaran pola hidup bersih. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengajarkan seni karya kolase sehingga anak-anak desa Tamansari dapat menghasilkan karya kolase sebagai kerajinan tangan media menyalurkan keterampilan anak.

 

Sasaran yang ingin dicapai adalah untuk meningkatkan kreativitas anak-anak di SD Negeri 01 Desa Tamansari dalam membuat seni kolase dengan menggunakan bahan bekas seperti bahan utamanya yaitu daun kering, gunting, dan lem sebagai bahan yang digunakan.

Jenis prakarya tersebut cocok diterapakan pada anak SD dan bagus juga untuk meningkatkan imajinasi mereka. Bahan utama untuk pembuatan prakarya tersebut sangat mudah untuk diperoleh, karena hanya memanfaatkan daun. Selain menggunakan daun dalam prakarya ini juga membutuhkan lem dan kertas untuk menempelkan daun-daun tersebut.

Peserta didik di SD Negeri 01 Tamansari sangatlah antusias mengikuti kegiatan tersebut dan berharap kegiatan seperti ini selalu ada. Siswa-siswi merasa sangat senang karena apa yang dianjarkan merupakan bentuk-bentuk kreativitas sendiri. Sehingga mereka dapat membuat sendiri untuk kebutuhan mereka tanpa harus memesan kepada orang lain. (ana/ian) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.