Dosen Unisri Suharno Focus Kunci Sukses Kembangkan Usaha

JATENGONLINE, SOLO – Jaringan Perempuan Usaha Kecil (Jarpuk) Kota Surakarta, Selasa (22/11/2022) bertempat di Dalem Suryasugandan, menyelenggarakan pertemuan bulanan. Ketua Jarpuk, Sujanti menjelaskan pertemuan dihadiri 40 peserta dari perwakilan 20 kelompok Jarpuk di wilayah kota Solo.

Dalam sambutan pembukaan pertemuan bulanan, Sujanti mengajak kepada para pengurus dan anggota Jarpuk untuk melakukan pendataan potensi usaha anggota di setiap kelompok.

Dengan adanya data dan profil usaha anggota, akan memudahkan menjalin hubungan dengan dinas terkait maupun lembaga pendidikan, khususnya dalam menjalin kerjasama meningkatkan kapasitas pengembangan usaha anggota Jarpuk melalui kegiatan pelatihan maupun pendampingan usaha, serta penyaluran bantuan usaha.

Tampil sebagai narasumber pada pertemuan tersebut, Dosen Prodi Akuntansi Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Suharno.

Dalam paparannya, mengajak kepada pengurus dan anggota Jarpuk untuk selalu focus dalam menjalankan dan mengembangkan usaha.

“Bila kita focus, maka akan tembus. Artinya usaha yang dijalankan bisa tumbuh dan berkembang naik kelas lebih tinggi,” tandasnya.

Suharno yang juga Direktur Amalia Consulting, lebih lanjut menguraikan bahwa FOCUS juga merupakan akronim.

“Selain focus itu kita tertuju pada satu tujuan. Focus yang kami maksud juga kepanjangan dari Friendly, Optimis, Calculation, Unique dan Spiritual. Layani pelanggan dengan bersahabat. Jalankan usaha penuh optimisme dan perhitungan. Berikan produk dan layanan yang punya ciri khas yang beda dengan yang lain. Serta jangan lupa selain berikhtiar juga harus selalu menjalankan nilai-nilai spiritualitas,” pesannya mewanti-wanti.

Selain metode focus, Suharno, juga mengajak peserta untuk selalu belajar dan mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan menjual produk atau jasa.

“Pengetahuan dan ketrampilan menjual merupakan hal yang utama dalam meraih kesuksesan, apapun profesi kita. Namun ironisnya hal penting ini justru tidak diajarkan di bangku sekolah dan bangku kuliah,” ungkapnya.

Kegiatan motivasi wirausaha diakhir dengan penyerahan tali asih yang disampaikan Ketua Jarpuk Solo, Sujanti kepada narasumber, Suharno (*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *