Peringati Ulang Tahun Perusahaan, Program CSR AsetKu Gandeng LindungiHutan Tanam 1.000 Pohon Mangrove

Dalam rangkaian hari ulang tahun perusahaan, Asetku bermitra dengan LindungiHutan dalam upaya pelestarian lingkungan. Aksi ini diwujudkan dengan menanam 1.000 bibit mangrove di Pulau Pari pada 28 Oktober 2023.

Bersama LindungiHutan, AsetKu inisiasi kampanye penghijauan “A Year Older, A Forest Richer: AsetKu 1000 Mangrove Tree Planting” sebagai program CSR perusahaan.

Kampanye tersebut merupakan komitmen perusahaan memberikan upaya perlindungan dan pelestarian lingkungan serta mengurangi dampak perubahan iklim di Pulau Pari.

Pulau Pari, Kepulauan Seribu merupakan salah satu pulau di bagian utara Kota Jakarta. Memiliki luasan sekitar 41 hektar, Pulau Pari dihuni sekitar 930 jiwa dari 265 kepala keluarga. Pulau ini dikenal dengan berbagai jenis objek wisatanya, mulai dari snorkeling, wisata hutan mangrove, dermaga bukit matahari, bersepeda, dan lain-lain.

Sayangnya, banjir rob dan abrasi kerap terjadi dan merusak keindahan alam di Pulau Pari. Dalam tiga tahun terakhir, kedatangan banjir rob cukup meresahkan masyarakat setempat. Rumah masyarakat setempat ikut terendam banjir sekitar 40-130 cm di atas permukaan tanah.

Banjir rob sendiri disebabkan oleh kenaikan muka air laut akibat dari perubahan iklim. Kurangnya hutan mangrove sebagai area pertahanan wilayah pesisir, menjadi penyebab Pulau Pari sering dilanda abrasi dan banjir rob.

Penanaman mangrove di Pulau Pari (Dokumentasi: LindungiHutan).

LindungiHutan bersama AsetKu, melakukan upaya penghijauan bersama di Pulau Pari untuk menyelamatkan dari abrasi dan banjir rob. Dalam kolaborasi tersebut, AsetKu berhasil menanam 1.000 mangrove di Pulau Pari dengan melibatkan 55 pihak internal perusahaan, Kelompok Forum Peduli Pulau Pari yang dipimpin oleh Edi Mulyono, dan 3 anggota LindungiHutan.

Upaya ini merupakan wujud nyata perusahaan dalam menjalankan program CSR yang berdampak dan berkelanjutan.

Harapannya aksi ini menjadi langkah bersama dalam mengurangi dampak perubahan iklim di Pulau Pari. Lebih dari itu, upaya ini juga dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat dari aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan. LindungiHutan pun menjalin kemitraan dengan masyarakat di Pulau Pari dalam pengadaan bibit hingga monitoring pohon yang tertanam.

“Banyak manfaat dari penanaman ini, pendapatan masyarakat di Pulau Pari bertambah khususnya petani dan jasa odong-odong, kami bisa membangun toilet di Pantai Rengge, Pulau Pari juga semakin dikenal banyak orang. Dari pohon bakau yang ditanam diharapkan kedepannya dapat menjadi tempat tinggal biota laut,” Ujar Edi Mulyono, Ketua Kelompok Forum Peduli Pulau Pari.

Lokasi penanaman mangrove di Pulau Pari (Dokumentasi: LindungiHutan).

LindungiHutan senantiasa berkomitmen membantu brand dan perusahaan dalam melakukan program CSR yang berdampak, berkelanjutan, dan tentunya tepat sasaran. Kerja sama CSR dengan LindungiHutan, mitra akan mendapatkan laporan pemantauan pohon yang telah ditanam dalam jangka waktu yang disepakati.

Silakan kunjungi halaman CSR LindungiHutan dan dan lihat dampak yang telah dilakukan LindungiHutan! Dapatkan penawaran menarik lainnya dengan menghubungi tim LindungiHutan!

About LindungiHutan
LindungiHutan adalah start-up lingkungan yang berfokus pada aksi konservasi hutan dan pemberdayaan masyarakat sekitar hutan. Telah terdaftar dalam Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) serta Kementerian Sosial (Kemensos) sejak tahun 2018. LindungiHutan menjadi fasilitator yang menghubungkan seluruh pihak berkepentingan dalam aksi penghijauan, melalui platform lindungihutan.com, sebanyak 760 ribu pohon telah ditanam dan sebanyak 497 brand dan perusahaan telah berkolaborasi. Kami berkolaborasi dengan masyarakat lokal di 47 lokasi penanaman yang tersebar di Indonesia. Dengan cerita pada masing-masing lokasi penanaman, semakin menambah nilai dari kolaborasi yang diciptakan. Kami menghadirkan beberapa program seperti The Green CSR, Collaboratree dengan skema Product Bundling, Service Bundling dan Project Partner, serta program Carbon Offset. LindungiHutan hadir melalui berbagai kanal email di partnership@lindungihutan.com, akun Linkedin LindungiHutan, serta akun Instagram @lindungihutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *