HOREKAWARTA JATENG

Archipelago International Apresiasi Karya Content Creator Dengan Penghargaan ‘Archipelago Influencer Awards 2023’

Pemenang Archipelago Influencer Awards 2023
Logo PNG.png
Brand Bar.png
JATENGONLINE, JAKARTA – Archipelago International, operator hotel terkemuka di Asia Tenggara, dengan bangga menyelenggarakan untuk pertama kalinya kompetisi bergengsi “Archipelago Influencer Awards” bersama hotel – hotel dibawah naungan Archipelago International dan berkolaborasi bersama Citilink.

Program ini  dimulai sejak Oktober 2023 hingga Februari 2024. Acara ini bertujuan untuk memberikan apresiasi pada influencer terbaik di seluruh Indonesia dalam mengasah kreativitas dan kemampuan mereka.

Dengan menjalin kerjasama bersama maskapai Citilink sebagai mitra, inisiatif ini mencerminkan komitmen Archipelago International untuk menciptakan kolaborasi dengan para influencer untuk mempromosikan sektor pariwisata dan perhotelan.

“Kami sangat senang bisa menyelenggarakan program bergengsi untuk pertama kalinya, ‘Archipelago Influencer Awards 2023.’ Program ini sejalan dengan komitmen kami terhadap inovasi dan keterlibatan masyarakat, memanfaatkan kekuatan pengaruh media sosial untuk mempromosikan merek kami dan berkontribusi pada pertumbuhan pariwisata dan perhotelan di Indonesia,” ujar John Flood, CEO Archipelago International.

Program Archipelago Influencer Awards 2023 dirancang dengan beberapa tujuan utama. Pertama, untuk memperkuat kerjasama strategis antara Archipelago International & Citilink, memperluas kesadaran merek dan jangkauan dari  Citilink & Hotel di bawah naungan Archipelago International yang tersebar di Indonesia dari Sumatra hingga Papua.

Melalui strategi pemasaran yang inovatif dan efektif. Program ini ditujukan untuk pengembangan dan pelaksanaan aktivasi social media bersama para influencer, yang dilaksanakan dari tahun 2023 hingga 2024, dengan bertujuan untuk mendorong kerjasama dalam mempromosikan pariwisata dan perhotelan di berbagai kepulauan Indonesia.

Selain itu, inisiatif ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada Influencer Media Sosial di Instagram, sebagai promotor sekaligus platform untuk memberdayakan generasi muda dan mengundang mereka untuk secara aktif membantu mempromosikan pariwisata di Indonesia

Program komprehensif ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan profil dari para influencer, tetapi juga untuk menginspirasi generasi muda untuk bisa lebih kreatif dalam membuat konten yang bermanfaat untuk industri pariwisata.

Nominasi Influencer; Influencer Awards 2023 dimulai dengan proses pemilihan Nano & Micro Influencers terbaik yang berasal dari tujuh kepulauan di Indonesia: Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, hingga Papua.

TAHAPAN SELEKSI ARCHIPELAGO INFLUENCER AWARD :

1. Seleksi Influencer (1 – 31 Oktober 2023):

Lebih dari 100 influencer dari seluruh Indonesia berpartisipasi dalam Archipelago Influencer Awards 2023. Dari setiap pulau, hanya influencer terbaik yang dinominasikan untuk acara bergengsi ini. Influencer yang berpartisipasi, datang dari berbagai kategori, termasuk Hotel Reviewers, Food Bloggers, dan penggemar Destinasi Wisata.

Pada proses seleksi ini, para Influencer diminta untuk mengisi data diri dan mengirimkan karya video terbaik yang diunggah  di dalam google form. Seluruh video yang diunggah oleh Influencer, akan dinilai oleh pihak Archipelago International & Citilink. Dari ratusan influencer akan dipilih 7 Influencer terbaik yang nantinya akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program inkubasi (fly, stay and slay). Beberapa faktor yang mempengaruhi seleksi ini adalah, kualitas konten & relevansi konten dengan tema.

2. Program Inkubasi (Fly, Stay, Slay) & Nominasi 7 Besar (1 Desember 2023 – 15 Januari 2024):

7 nominasi terbaik mendapat kesempatan untuk memulai perjalanan eksklusif  yaitu program inkubasi (fly, stay and slay) bersama Archipelago International & Citilink. Tujuh nominasi teratas yang terpilih adalah sebagai berikut:

  1. @darlismuhan  – Emni Darlis

  2. @timurasyari – Timur Asyari

  3. @adhetora – Adhe Tora

  4. @Marzcheese – Umar Imanuddin

  5. @mardiaheyyy – Mardiah

  6. @Jalanbarengarief – Arief Firmansyah

  7. @Agnesyi – Agnes Indra

Sebagai 7 nominasi terbaik, para influencer tersebut mendapatkan kesempatan untuk terbang ke destinasi pilihan sesuai dengan rute citilink dan menginap di  hotel di bawah naungan Archipelago International yang ada di seluruh Indonesia seperti Hotel NEO Eltari Kupang, ASTON Palembang Hotel & Convention Center, Quest Hotel Balikpapan, ASTON Canggu Beach Resort, Harper MT. Haryono, favehotel Pantai Losari Makassar, dan The Alana Hotel Malang. Ketujuh influencer terbaik ini juga mendapatkan kesempatan menikmati hidangan F&B gratis di hotel.

Influencer pada  Program Inkubasi Fly, Stay & Slay, Archipelago Influencers Awards 2023

3. Proses Penilaian (16 – 31 Januari 2024):

Sebagai 7 nominasi terbaik, para influencer selama program inkubasi fly, stay & slay membuat reels konten mengenai  pengalaman selama menginap di hotel di bawah naungan Archipelago International, destinasi wisata di sekitar hotel, pengalaman mencicipi hidangan lezat dari setiap hotel serta pengalaman perjalanan dengan maskapai Citilink. Para juri menilai konten tersebut berdasarkan beberapa kriteria seperti kualitas konten, engagement rate para influencers dan relevansi dengan tema. Juri dari kompetisi ini terdiri dari perwakilan dari Archipelago International & Citilink.

4. Malam Penganugerahan (6 Februari 2024):

Upacara penghargaan berlangsung di ASTON Serang pada 6 Februari 2024. Sebagai pemenang, para influencer juga diberi kesempatan untuk berbagi pengalaman & testimonial mengenai program Archipelago Influencer Award ini bersamaan dengan acara Commercial Summit yang diadakan di ASTON Serang pada 7 Februari 2024 di hadapan Marcom & PR Hotel di bawah Archipelago International.

 

 

image (207).png

Atas: Sharing Session oleh Pemenang Archipelago Influencer Awards 2023 bersama Partipost Group

Pemenang Archipelago Influencer Awards 2023 terdiri dari:

@AgnesYi sebagai Influencer Terbaik dalam Destinasi Wisata

@JalanBarengArief sebagai Influencer Terbaik dalam Tur Hotel

@TimurAsyari sebagai Influencer Terbaik dalam dalam Pengalaman F&B.

Setiap pemenang berhak mendapatkan Voucher Hotel senilai IDR 2.000.000 dari Archipelago International, Tiket Pulang-Pergi yang disponsori oleh Citilink, serta Trophy dari Archipelago International.

Archipelago International mengucapkan selamat kepada para pemenang Archipelago Influencer Awards 2023. (*/ian) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *