banner 728x250

Takjil On The Road MI Al-Kahfi Manyaran, Membangun Jiwa Sosial dan Berbagi di Bulan Ramadhan

banner 120x600
banner 468x60

JATENGONLINE, WONOGIRI  Bulan suci Ramadhan muncul berbagai kegiatan sosial yang memperkuat solidaritas dan kepedulian di antara masyarakat. Salah satunya Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Kahfi Manyaran, yang mengadakan program “Takjil on the Road” untuk melatih anak-anak dalam berbagi dan menumbuhkan jiwa sosial mereka.

Program “Takjil on the Road” ini merupakan salah satu cara MI Al-Kahfi Manyaran melibatkan siswa dalam kegiatan amal yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Dalam program ini, para siswa secara sukarela mempersiapkan dan mendistribusikan takjil kepada para pengguna jalan yang sedang berpuasa di sepanjang jalan raya depan Kantor Kecamatan Manyaran. Rabu (3/4/2024).

banner 325x300

Kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat praktis bagi masyarakat yang sedang berpuasa, tetapi juga memiliki dampak positif dalam pembentukan karakter anak-anak. Menurut Kepala MI Al-Kahfi Manyaran, Siti Wahyuni, S.Pd menyampaikan program “Takjil on the Road” bertujuan untuk mengajarkan kepada siswa tentang pentingnya berbagi dan kepedulian terhadap sesama, terutama di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

“Dengan melibatkan siswa dalam kegiatan seperti ini, kami berharap dapat membentuk generasi yang peduli dan peka terhadap kebutuhan orang lain. Ini adalah pelajaran berharga yang tidak hanya bermanfaat untuk kehidupan mereka saat ini, tetapi juga di masa depan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, selain melatih anak-anak dalam berbagi, program ini juga menjadi sarana untuk mempererat hubungan antara sekolah dan masyarakat. Dengan berinteraksi langsung dengan masyarakat sekitar, siswa dapat memahami lebih dalam tentang realitas sosial yang ada dan merasakan kepuasan saat bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

Salah seorang siswa, Dean menyampaikan kesan dan pengalamannya saat terlibat dalam program “Takjil on the Road”. “Saya merasa senang bisa membantu memberikan takjil kepada orang yang sedang berpuasa. Rasanya sangat bahagia bisa melihat senyum dan rasa terima kasih dari mereka yang menerima takjil dari kami,” ujarnya dengan antusias.

Program “Takjil on the Road” ini juga mendapat apresiasi yang tinggi dari orang tua siswa dan masyarakat sekitar. Mereka menyambut baik inisiatif sekolah dalam melibatkan anak-anak dalam kegiatan positif yang menginspirasi dan bermanfaat bagi semua pihak.

Semoga semangat berbagi dan kepedulian ini dapat terus berkembang dan menginspirasi banyak orang dalam memperkuat tali persaudaraan dan solidaritas sosial di tengah-tengah masyarakat. (*/yan)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *