Penilaian Sumatif Akhir Jenjang Semester Kelas IX SMPN 8 Surakarta, Apa Saja?

JATENGONLINE, SOLO – Pelaksanaan Ujian Sekolah saat ini berganti nama menjadi Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ). Hal itu sesuai dengan Permendikbud Ristek RI No. 21 tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan, pada PAUD, jenjang Pendidkan Dasar dan jenjang Pendidikan Menengah. Penilaian hasil belajar Peserta Didik berbentuk penilaian formatif dan sumatif. Penilaian sumatif bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar Peserta Didik, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan kelulusan dari Satuan Pendidikan.

Penilaian sumatif akhir jenjang merupakan tahapan penting dalam proses pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 8 Surakarta. Sekolah ini tidak hanya menekankan aspek akademik, tetapi juga pengembangan karakter dan potensi siswa. Pendekatan penilaian sumatif akhir di SMP Negeri 8 Surakarta, yang bertujuan untuk membangun kualitas pendidikan melalui evaluasi berkelanjutan.

Penilaian sumatif akhir di SMP Negeri 8 Surakarta didasarkan pada pendekatan holistik, yang mempertimbangkan berbagai aspek pembelajaran. Selain mengukur pencapaian akademik siswa, penilaian ini juga menilai kemajuan dalam hal karakter, keterampilan sosial, dan keterampilan hidup yang diperlukan untuk sukses di masa depan.

Seluruh siswa wajib menuntaskan seluruh proses pembelajaran dan program sekolah untuk mencapai tahap kelulusan, di antaranya Ujian Praktik dan Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ). Pelaksanaan Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) hari pertama sampai hari ini secara tertulis kelas IX (sembilan) tahun pelajaran 2023/2024 SMP Negeri 8 Surakarta yang biasa dikenal dengan Depanska dibawah pimpinan Triad Suparman, M.Pd. berjalan dengan lancar dan tetib tanpa ada kendala, walaupun ada beberapa anak yang tidak mengikuti PSAJ karena sakit.

Menurut Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. bahwa Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) ini merupakan ujian akhir dan penentu kelulusan bagi siswa kelas IX setelah menempuh pendidkan selama tiga tahun di jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan hasilnya nanti akan menjadi nilai tambahan untuk ijazah mereka masing-masing.

Selanjutnya PSAJ yang dijadwalkan mulai berlangsung selama 6 (enam) hari yaitu dimulai Senin – Selasa, tanggal 6 – 7 Mei 2024 dilanjutkan pada hari Senin – Kamis tanggal 13 – 16 Mei 2024. Pelaksanaan pada hari pertama Senin dimulai pada pukul 07.30 – 11.00 WIB mata pelajaran IPS dan Penjaskes. Selasa dimulai pukul 07.30 – 11.00 WIB, mata pelajaran Pendidikan Agama dan Prakarya.

Pada hari Senin, 13 Mei 2024 dimulai pukul 07.30 – 11.30 WIB mata pelajaran yang diujikan Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa, Selasa, mulai pukul 07.00 – 11.30 WIB, mata pelajaran Matematika dan PPKn. Rabu, 15 Mei 2024 dimulai pukul 07.30 – 11.30 mata pelajaran Bahasa Inggris dan Seni Budaya, dan hari ini Kamis 16 Mei 2024 dimulai pukul 07.30 – 11.30 WIB mata pelajaran yang diujikan adalah IPA dan Kesenian Daerah.

Jumlah siswa kelas IX yang mengikuti PSAJ ini sebanyak 245 siswa terdiri dari siswa laki-laki sejumlah 125 siswa dan perempuan berjumlah 120 siswa, dengan jumlah ruang ujian sebanyak 16 ruang. Dalam pelaksanaan PSAJ ini di setiap ruangan terdiri dari 16 orang peserta ujian dan dua orang Pengawas. Namun karena sesuatu hal, ada beberapa ruang yang hanya ada satu orang Pengawas.

Dalam keterangan, Waka Kurikulum sekaligus Ketua Pelaksana Penilaian Sumatif Akhir Jenjang, Hesti Setyaningsih, S.Kom. menyampaikan ke Sie Publikasi melalui telepon bahwa pelaksanaan PSAJ ini berjalan lancar dan tidak ada kendala, siswa mengerjakan dengan tertib dan serius. Pelaksanaan PSAJ dilakukan secara paper tes. Ada beberapa siswa yang mengikuti susulan di hari pertama dan kedua karena sakit. Susulan akan dilaksanakan pada tanggal 20 – 21 Mei 2024 dan pengolahan nilai pada tanggal 07 – 22 Mei 2024.

Harapan Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. Alhamdulillah secara umum, ujian jenjang Pendidikan Menengah, SMP Negeri 8 Surakarta berlangsung aman, lancar dan kondusif. Merasa senang dan gembira melihat semangatnya para siswa kelas IX SMP Negeri 8 Surakarta dalam mengikuti test sumatif itu.

Pada tanggal 20 – 21 Mei 2024 dilaksanakan koreksi (pengolahan nilai) bersama Penilaian Sumatif Akhir Jenjang (PSAJ) dengan melibatkan Bapak Ibu Guru Pengajar. Dimana setiap 1 mata pelajaran dikoreksi oleh 2 orang Guru. Hasil penilaian ini akan menjadi salah satu dasar kelulusan siswa kelas IX.

Dengan diberikan kemudahan, kelancaran, dan kesuksesan selama pelaksanaan PSAJ ini semoga semua siswa SMP Negeri 8 Surakarta mendapatkan hasil yang terbaik dan seluruh siswa kelas IX lulus dengan hasil yang diinginkan. (*) 

*) Oleh : Sri Suprapti, Sie Publikasi SMP Negeri 8 Surakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *