Jalankan ESG Mission Bidang Pendidikan, AHM Adakan Bimtek AHASS TEFA Nasional di Jawa Tengah

JATENGONLINE, SOLO – Sebagai bentuk komitmen kuat dalam Sinergi Bagi Negeri untuk berpartisipasi aktif memajukan dunia pendidikan di tanah air, PT Astra Honda Motor (AHM) mengadakan kegiatan “Bimbingan Teknis Pos AHASS TEFA” dengan mengundang 27 Vocational Officer Main Dealer Honda dari seluruh Indonesia dan Kepala Sekolah beserta Penanggung Jawab AHASS Teaching Factory (TEFA) dari 18 SMK Binaan yang memiliki Pos AHASS TEFA pada 29 – 30 Mei 2024 di Solo Raya Jawa Tengah.

Kegiatan ini menjadi salah satu agenda program ESG (Environmental, Social, and Governance) bidang vokasi yang dijalankan AHM bersama seluruh jaringan main dealer di Indonesia.

Lahir pertama kali pada tahun 2022 lalu di Kota Bekasi, kini pos AHASS TEFA telah memiliki 18 pos yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. AHASS TEFA sendiri merupakan teaching factory bersertifikat resmi dari AHM dimana SMK Binaan Honda akan bekerja sama langsung dengan bengkel resmi Astra Honda Authorize Service Station (AHASS).

Harapannya setiap SMK dapat memaksimalkan Pos AHASS Tefa ini dalam pengembangan kurikulum dan praktek kerja professional layaknya standard didunia industri.

Bertajuk “Peningkatan Kinerja dan Kualitas POS AHASS TEFA”, pada kegiatan Bimtek ini seluruh pos AHASS TEFA SMK akan direview dan dimonitoring perkembangan program bengkelnya masing – masing agar standard dan kualitas sesuai dengan layanan bengkel AHASS resmi.

Menjadi agenda utama dalam kegiatan, 2 SMK Binaan Main Dealer Astra Motor Jawa Tengah terpilih menjadi lokasi Benchmark Nasional yaitu SMKN 1 Wonosegoro yang memiliki Pos AHASS TEFA SMKN dan SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) terbaik nasional.

Region Head Astra Motor Jawa Tengah Ronaldo Widjaja menjelaskan bahwa kunjungan ke SMKN 1 Wonosegoro ini dipilih karena Pos AHASS TEFA SMK ini telah menjadi nominator Pos AHASS TEFA terbaik secara nasional yang terbukti mampu memberikan layanan yang unggul dan menjadi pos AHASS TEFA terpercaya bagi masyarakat sekitar, sedangkan untuk kunjungan TUK SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar ini dilakukan karena SMK ini telah dianugerahkan sebagai SMK TUK Terbaik Nasional pada Festival Vokasi Satu Hati 2 tahun berturut – turut yaitu pada tahun 2022 dan 2023 yang artinya SMK Binaan Astra Motor Jateng ini memiliki kompetensi unggul dari segi pengajaran dan prestasi hingga mampu mendapatkan akreditasi A+ dari AHM.

Dalam kegiatan tersebut, pihak SMK mendapatkan kesempatan untuk menjelaskan terkait Pos AHASS TEFA yang ada, menunjukkan ruang praktek dan laboratorium Teknik Bisnis dan Sepeda Motor (TBSM) sekolah, dan melakukan pemaparan terkait profile SMK masing – masing.

“Sebagai upaya kami dalam Sinergi Bagi Negeri, Astra Motor Jateng bersama seluruh SMK Binaan Jawa Tengah berkomitmen kuat untuk berkontribusi menciptakan SDM unggul bagi bangsa Indonesia karena kami percaya vokasi pendidikan memiliki peran penting bagi masa depan,” ungkap Ronaldo.

Pada meeting nasional yang diadakan di Harris Conventions Hall Solo, Kamis (30/5/2024), beberapa SMK diberikan kesempatan untuk memaparkan apa saja yang telah dilakukan dalam kegiatan AHASS TEFA ini terutama dengan konsentrasi monitoring performance unit entry dan revenuenya sebagai sebuah bisnis. Selain itu setiap Kepala Sekolah, guru pembimbing program study TBSM, dan Vocational Officer Main Dealer juga melakukan diskusi dan tukar pikiran bersama untuk memajukan pembelajaran siswa dalam praktek bisnis Pos AHASS TEFA ini.

AHM juga memberikan penghargaan yang diserahkan langsung oleh Vocational Manager AHM Gunardi kepada 3 SMK Nominator Best Pos AHASS TEFA 2023/2024 yaitu SMKN 2 Bandar Lampung, SMKN 1 Wonosegoro, dan SMKN 1 Bukti Tinggi. Sedangkan untuk penghargaan utama Best Pos AHASS TEFA 2023/2024 diberikan kepada SMK Muhammadiyah 2 Genteng dan diserahkan langsung oleh General Manager Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin.

“Terima kasih atas penghargaan ini, tentunya ini semua tidak lepas dari dukungan keluarga besar SMK Muhammadiyah 2 Genteng, AHASS UD Berkah Jaya Motor, MPM, dan juga PT. AHM. Besar harapan kami bimtek bisa dijalankan setiap tahun untuk meningkatkan kualitas AHASS TEFA, kualitas pendidikan, dan siswa binaan yang siap kerja, berkarakter baik, dan berkompetensi sesuai harapan industri ,” ucap Tamyis Rosidi Kepala Sekolah dari SMK Muhammadiyah 2 Genteng.

AHASS TEFA dapat memberikan manfaat untuk Masyarakat sekitar sekolah dalam kemudahkan pelayanan perawatan sepeda motor Honda, untuk itu konsumen tidak perlu khawatir karena seluruh mekanik ahli di pos AHASS TEFA ini merupakan siswa yang telah lulus sertifikasi langsung dari AHM dan standard layanan ke konsumen pun disamakan dengan standard langsung dari Bengkel resmi.(*/ian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *