banner 728x250
BISNIS  

Mengulik Perkembangan Digital Banking Indonesia bersama Binter’s Calling

banner 120x600
banner 468x60

BINUS International dan SeaBank akan melihat keuntungan sinergi digital banking bagi perekonomian melalui talkshow Binter’s Calling pada tanggal 5 Maret 2024.

Perbankan digital (digital banking) sudah semakin populer di Indonesia seiring dengan transisi menuju era digital 4.0 dan cashless society. Di lain sisi, perkembangan ini pun juga membawa banyak potensi untuk ekosistem perbankan yang lebih kuat dan terintegrasi, serta sinergi dengan berbagai aspek kehidupan sehari-hari konsumen individu maupun pelaku industri.

banner 325x300

Untuk memahami bagaimana semua hal tersebut akan menguntungkan perekonomian Indonesia, BINUS International pun mengadakan Binter’s Calling bertemakan “Digital Banking, the Ecosystem, and Its Synergy” pada tanggal 5 Maret 2024, pukul 13.30-15.30 WIB di ruang 303/310 BINUS @Senayan, JWC Campus. Acara ini akan mengundang narasumber dari salah satu bank digital yang populer di Indonesia.

Tren Digital Banking di Indonesia

Data yang diterbitkan oleh Katadata telah menunjukkan bahwa transaksi digital banking di tanah air terus meningkat dari tahun ke tahun. Menurut sumber tersebut, frekuensi penggunaan digital banking di kalangan masyarakat telah meningkat sebanyak 158% dalam kurun waktu 5 tahun, dari tahun 2018 hingga 2023. Selain itu, nilai transaksi tersebut juga tidak kalah signifikan. Sebab, masih menurut publikasi yang sama, angkanya telah mencapai Rp5,1 kuadriliun per bulan Agustus 2023.

Beberapa hal yang mendorong popularitas digital banking di Indonesia mencakup integrasi dengan aplikasi penting lainnya seperti e-commerce dan digital wallet, fitur yang lengkap, dan cara pakainya yang bisa menghemat waktu. Alasannya, nasabah tidak perlu menyempatkan waktu di sela-sela kesibukan mereka untuk mendatangi kantor cabang bank jika mereka ingin melakukan pembayaran, mengirim uang, dan mengelola rekening bank.

Tujuan dari Binter’s Calling “Digital Banking, the Ecosystem, and Its Synergy”

Memahami tren digital banking yang akan terus berkembang mengikuti teknologi terkini, BINUS International pun mengundang Junedy Liu, Director of Strategy SeaBank Indonesia, sebagai narasumber untuk acara Binter’s Calling yang bertajuk “Digital Banking, the Ecosystem, and Its Synergy”.

Sesuai dengan temanya, acara talkshow ini akan membahas bagaimana sektor perbankan digital telah berubah mengikuti kebutuhan pasar dan tren teknologi terkini dari tahun ke tahun, serta pentingnya membangun ekosistem yang terintegrasi untuk masyarakat.

Pada sesi GL lalu, mahasiswa berkesempatan mengenali bagaimana model bisnis digital banking bekerja, semua komponen penting dalam ekosistem perbankan digital, sinergi dari setiap komponen tersebut, dan seperti apakah strategi yang digunakan oleh SeaBank untuk membangun kesuksesan bisnis mereka di Indonesia.

“SeaBank sendiri sudah melewati berbagai macam tantangan untuk mendorong penggunaan digital banking di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Saya merasa terhormat bisa membagikan insight serta pengalaman saya kepada semua yang hadir,” ucap Pak Junedy tentang perasaannya ketika terpilih menjadi narasumber Binter’s Calling.

Talkshow Binter’s Calling yang mengundang Junedy Liu ini merupakan salah satu wujud dari kesepakatan antara BINUS International dan SeaBank sejak menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) per tanggal 2 Maret 2024 lalu.

MoU tersebut menandakan bahwa BINUS International serta SeaBank akan bekerja sama untuk mendorong inovasi serta memberikan kesempatan bagi sivitas akademika BINUS University untuk belajar tentang seluk-beluk perbankan digital agar siap terjun ke industri setelah lulus.

Sumbangsih Program Finance International BINUS University

Melengkapi pengetahuan dan pengalaman narasumber Binter’s Calling yang telah lama berkecimpung di bidang digital banking, program Finance International dari BINUS International juga menawarkan keunggulan yang akan semakin mempersiapkan mahasiswanya untuk bekerja di sektor tersebut.

“Program Finance International juga menawarkan banyak kesempatan bagi mahasiswa untuk mengumpulkan ilmu dan pengalaman di luar ruang kelas,” tutur Valentina Tohang, SE., M.Buss (ERP), M.Buss (Acc) selaku Head of Program Finance International BINUS University tentang keunggulan program studi naungannya sebelum melanjutkan, “Nah, salah satunya melalui Binter’s Calling yang memberikan mereka exposure sekaligus kesempatan networking dengan pelaku industri seperti Pak Junedy.”

BINUS International menyadari bahwa pembelajaran di ruang kelas saja tidaklah cukup untuk mencetak calon pemimpin dan entrepreneur yang profesional dan kreatif. Mereka juga memerlukan pengalaman nyata dan koneksi dengan ahlinya agar bisa sukses. Sehingga, kurikulum program Finance International memadukan teori dan enrichment di luar ruang kelas melalui talkshow bersama ahlinya.

Digital banking di Indonesia sudah semakin diminati oleh konsumen individu maupun pelaku usaha. Oleh sebab itu, BINUS International mengadakan Binter’s Calling bertemakan “Digital Banking, the Ecosystem, and Its Synergy” yang mengundang Junedy Liu selaku Director of Strategy di SeaBank Indonesia untuk mengulik bagaimana teknologi tersebut akan menguntungkan berbagai sektor. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 5 Maret 2024 di BINUS @Senayan, JWC Campus.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

banner 325x300

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *