Job Expo Unisri: Ada 13 Ribu Masyarakat Solo Butuh Pekerjaan!

JATENGONLINE, SOLO – Sedikitnya ada 50 perusahaan membuka lowongan pekerjaan (loker) digelaran Job Expo 2024 di auditorium Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, selama 2 hari  Selasa-Rabu ((11-12/6/2024). Sekira ribuan pencari pekerjaan, baik secara online maupun ofline mengunjungi berbagai loker tersebut.

Rektor Unisri Solo, Prof, Dr Sutoyo, MPd. menyatakan, jika gelaran job expo tersebut bertujuan menjembatani lulusan dengan dunia kerja, tidak hanya untuk lulusan mahasiswa Unisri saja, tapi juga untuk umum.

Rektor Unisri saat mengunjungi stan Job Expo 2024

“Harapannya para alumni Unisri bisa memanfaatkan kesempatan ini bagi yang belum mendapatkan pekerjaan” ungkap Sutoyo, ditemui disela kunjungan stan.

Job Expo rencananya digelar 2 kali setiap tahunnya itu,  merupakan keharusan bagi kampus untuk memfasilitasi lulusannya agar lebih mudah dalam mencari pekerjaan. Dimana sejak tahun 2016 pihaknya sudah rutin mengadakan job expo setiap satu tahun sekali.

Pengunjung Job Expo Unisri di hari pertama

Job Expo itu, imbuh Sutoyo, merupakan tugas kampus untuk tidak hanya sekedar menghasilkan lulusan saja, tetapi harus bisa memfasilitasi mendapatkan pekerjaan, sebagai komitmen Unisri dalam mencarikan rekrutmen dari perusahaan tertentu.

Kepala UPT Unisri Solo Career Center, Sarafuddin menegaskan, bahwa para peserta yang ingin mendaftar tidak dipungut biaya. Para pencari kerja bisa mendaftar secara daring acara job expo tersebut juga bisa diakses melalui laman unisri.mitrakerja.id. Terdapat berbagai jenis pekerjaan untuk semua lulusan, baik itu D1-D4, S1-S2, dan SMA/SMK sederajat.

Prof. Sutoyo bersama Sarafuddin saat pres conference

“Sudah ada sekitar 1.700 pendaftar secara daring, ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk menyediakan atau memfasilitasi mahasiswa yang telah lulus dan mencari kerja, sehingga pengangguran bisa berkurang,” katanya.

Kepala Ketenagakerjaan Surakarta Widyastuti Pratiwiningsih mengatakan, Job Expo ini merupakan program Unisri yang positif.

https://vt.tiktok.com/ZSYAy4JCt/

Dimana diketahui, semua langkah ini mendorong terkuranginya pengangguran yang saat ini masih cukup banyak di Kota Surakarta, ada 4, 58 persen.

“Saat ini kami harus menangani kira-kira 13 ribu pencari kerja , mudah-mudahan dengan sekitar 2000 formasi pekerjaan bisa mengurangi pengangguran” pungkasnya.

Maka diharapkan dengan banyak dibukanya Job Expo seperti ini yang tujuannya mempertemukan pencari kerja dengan pemberi kerja. Hal ini sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Jadi, mismet yang sering terjadi tidak terjadi lagi.

Prof Sutoyo bersama Kadisnaker Solo Widyastuti

“Disini mereka bisa bertemu secara ofline maupun online yang difasilitasi Unisri.” tegasnya.

Berharap kegiataan ini bermanfaat bagi pencari kerja dan penyedia pekerjaan dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Surakarta. (*/ian) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *